Rinaldi Firmansyah Dirut Baru Telkom, Faisal Syam Direktur SDM

Kisruh kepemimpinan PT Telkom yang menjadi polemik di berbagai media beberapa waktu ini akhirnya selesai di Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa di Jakarta, Rabu (28/2/07). Rinaldi Firmansyah dipercaya sebagai Direktur Utama baru. Sedangkan Faisal Syam dipercaya menduduki posisi Direktur Sumber Daya Manusia.

Dirut lama Arwin Rasyid mengundurkan diri sebelum acara RUPSLB dimulai. Demikian pula Wakil Dirut Garuda Sugarda serta dua direksi lain, John Welly dan Guntur Siregar, ikut mengundurkan diri.

Rinaldi melangkah mulus sebagai dirut baru. Dalam pemungutan suara, ia mendapat dukungan 96,44 persen dari peserta RUPSLB. Rinaldi sebelum ini menduduki jabatan sebagai Direktur Keuangan.

Inilah susunan direksi baru Telkom:
1. Direktur Utama : Rinaldi Firmansyah
2. Direktur Keuangan : Sudiro Asno
3. Direktur Sumber Daya Manusia : Faisal Syam
4. Direktur Network & Solution : I Nyoman G Wiryanata
5. Direktur Konsumer : Ermady Dahlan
6. Direktur Enterprise & Wholesale : Arief Yahya
7. Direktur Compliance & Risk Management : Prasetio
8. Chief Information Technology : Indra Utoyo

Faisal bukanlah orang baru di dunia SDM. Ia sebelumnya adalah Senior General Manager HRC PT Telkom. Ia sosok yang ikut menyokong program pensiun dini Telkom. “Salah satu cara untuk membuat PT Telkom sehat adalah dengan mengurangi tenaga kerja secara signifikan. Melalui program pensiun dini, maka pengurangan tenaga kerja dapat dilakukan,” katanya seperti dikutip koran Pikiran Rakyat, 30 Januari 2007 lalu.

Jumlah karyawan perusahaan BUMN telekomunikasi yang mencapai 28.000 orang ini, masih menjadi beban keuangan perusahaan. Tahun ini ditargetkan 1.800 karyawan mengikuti program pensiun dini dan 400 orang pensiun normal.

Program pensiun dini telah dilakukan pada 2002 hingga 2005. Sedangkan pada 2006, program itu ditiadakan karena khawatir menjadi beban aktuaria atau beban pada laporan keuangan. “Mudah-mudahan 2007 dan 2008 program pensiun dini ini kembali dapat dilakukan,” kata Faisal.

Dengan posisi barunya, program ini bisa jadi akan berjalan lebih cepat.

Tags: