PT Minamas Tandatangani PKB Untuk Sejahterakan Karyawan

PT Minamas Gemilang menandatangani Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dengan Federasi Serikat Pekerja Minamas Plantation kemarin (7/6) di Jakarta. Sejumlah pihak terkait hadir dalam acara penandatanganan yang digelar di Ballroom Hotel Gran Melia tersebut, baik dari pihak PT Minamas maupun serikat pekerja. Hadir pula Irianto Simbolon, Dirjen Perselisihan Hubungan Industri dan Jaminan Sosial Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Ini adalah ke-4 kalinya (setiap PKB berlaku 2 tahun-red) bagi anak perusahaan Sime Darby bidang perkebunan ini menyusun PKB dengan serikat pekerja. Meski tak banyak perusahaan melakukan ini, namun PT Minamas tetap menyusunnya sebagai bukti komitmennya terhadap kesejahteraan karyawan.

“Tidak banyak perusahaan yang melakukan PKB ini, mungkin hanya 5 persen dari ribuan perusahaan yang ada. Tetapi kami menyusun ini untuk menjamin hak-hak para karyawan di perusahaan,” ungkap Chairul Hamdani, Head of Human Resources PT Minamas Plantation. PKB ini disusun dengan berbagai perbaikan dari perjanjian sebelumnya, sehingga diharapkan hubungan industrial antara pengusaha maupun pekerja menjadi semakin harmonis.

Niat baik PT Minamas ini disambut baik oleh Federasi Serikat Pekerja (FSP), diwakili oleh Juarsa Siagian mengungkapkan, “Kami menyambut baik komitmen perusahaan, semoga PKB dapat dijalankan dengan baik sehingga para pekerja menjadi makmur dan sejahtera.”

Tidak hanya dari pihak FSP, kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pun turut mengapresiasi upaya PT Minamas. “ Pemerintah mengapresiasi hal ini, ini adalah bentuk komitmen PT Minamas untuk lebih menyejahterakan karyawan. Kami berharap PT Minamas bisa terus memberikan bagi pekerja Indonesia,  treatment terbaik dan berkeadilan,” demikian penuturan Irianto Simbolon. Ia juga menambahkan bahwa tenaga kerja Indonesia sangat berkualitas dan mampu melakukan yang terbaik untuk kelangsungan perusahaan. (tw)

Tags: , ,