Program Pelatihan Kewirausahaan Diluncurkan

Pentingnya entrepreneurship semakin menemukan relevansinya ketika banyak orang kehilangan pekerjaan akibat dampak krisis saat ini. Dan, pendidikan kewirausahaan seolah mendapatkan momentum untuk menjadi gerakan nasional. Tampil di barisan terdepan dalam gerakan ini antara lain Universitas Ciputra dengan program entrepreneurship-nya.
Universitas Ciputra Entrepreneurship Center (UCEC) meluncurkan program-program utamanya ke publik melalui acara bertema “Entrepreneurship Changes Our Future” yang digelar di Jakarta, Senin (23/2/09). Pengusaha Ciputra, selaku pendiri lembaga tersebut berpendapat, Indonesia memerlukan suatu strategi lompatan besar agar dapat mengatasi masalah pengangguran.
Disebutkan, strategi tersebut adalah memberdayakan masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan kecakapan berwirausaha. Adapun program utama yang diluncurkan meliputi pelatihan kewirausahaan bagi tiga kelompok yakni masyarakat, pendidik (pelatih kewirausahaan), dan lembaga pendidikan.
Model dan materi pelatihan disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing kelompok tersebut. UCEC sendiri telah membentuk tim pengembangan kurikulum kewirausahaan yang merupakan gabungan dari praktisi kewirausahaan dan ahli pendidikan.
Dalam kesempatan yang sama ditandatangani pula perjanjian kerja sama antara pengusaha properti Ciputra selaku pendiri UCEC dengan pengusaha Martha Tilaar (PT Martha Beauty Gallery) dan Yayasan Dana Sejahtera Mandiri yang dipimpin Haryono Suyono. Ketiga pihak akan bekerja sama membuat pelatihan dan pembekalan kewirausahaan yang dirancang khusus bagi masyarakat miskin di perkotaan dan pedesaan.
Haryono Suyono dalam sambutannya mengatakan, seorang yang berjiwa wirausaha tidak harus bergerak di bidang bisnis. Semangat dan kemampuan berwirausaha tersebut tetap akan bermanfaat di mana pun seseorang berkarya, baik di bidang politik, sosial, dan pemerintahan.
“Semangat kewirausahaan yang menekankan kepada inovasi, kreativitas, kemampuan melihat peluang, dan etos kerja keras dapat berguna dalam mengembangkan organisasi apa pun di dalam masyarakat,” tandas dia.

Tags: