Profesional HR Butuh Pengalaman Lintas Sektoral

Untuk menjadi profesional HR yang sukses di masa depan, seorang praktisi bidang HR membutuhkan pengalaman kerja dari berbagai fungsi-fungsi dan sektor-sektor yang berbeda. Demikian disarankan oleh seorang ahli bidang HR dari Inggris Ali Levy.

Direktur HR dan Pengembangan Organisasi pada sebuah lembaga nirlaba Crime Reduction Initiatives tersebut kepada Personnel Today mengatakan, pengetahuan organisasi dari area-area yang berbeda sangat penting bagi profesional HR untuk memahami sepenuhnya bagaimana bisnis berjalan.

“Orang HR bisa bekerja dengan baik dengan memiliki pengalaman lintas fungsi seperti keuangan, IT dan komunikasi karena itu membantu untuk menyatukan HR ke dalam bisnis dengan lebih cepat,” ujar dia.

“Memiliki pengalaman lintas fungsi artinya Anda mampu terlibat dalam area-area yang berbeda. Pimpinan perusahaan bisa melihat Anda memiliki lebih dari satu tali dlam simpul Anda, dan inilah yang membangun kredibilitas Anda.”

Levy sendiri telah memiliki banyak pengalaman dalam peran-peran HR baik di sektor swasta maupun publik, termasuk Sussex Police dan perusahaan asuransi Royal Sun Alliance.

“Ketika Anda datang dari berbagai sektor yang berbeda, Anda bisa mengambil satu langkah ke belakang untuk melihat apa yang terjadi dalam organisasi Anda,” tambah dia.

Konsultan HR Mike Haffenden, yang pernah menjabat direktur HR pada Hewlett-Packard sepakat bahwa para HR manajer perlu berpindah sektor dalam beberapa tahun sekali untuk membantu meningkatkan jenjang karir mereka dan melihat, “bagaimana segala sesuatu itu diselesaikan dalam cara-cara yang berbeda.”

“Jika Anda telah bergabung dengan satu perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, pemimpin perusahaan akan menanyakan kenapa Anda tidak berubah?” ujar dia memberi ilustrasi.

Namun, Mike Watts, seorang direktur pengembangan profesional pada sebuah organisasi ternama mengingatkan tentang apa yang dia sebut lompatan-sektor.

“Kalangan pemimpin perusahaan secara umum ingin seseorang dengan pengalaman dari sektor yang sama. Fakta bahwa Anda telah bekerja di beberapa sektor tidak memberi perbedaan. Sata setuju Anda perlu perspektif yang berbeda, tapi Anda tidak perlu berpindah-pindah sektor untuk melakukan itu,” tegas dia.

Tags: