PLN Kini Dipimpin Nahkoda Muda

Tak butuh waktu lama, PT PLN (persero) kini memiliki nahkoda baru. Hebatnya, nahkoda baru ini paling muda usianya di jajaran direksi baru perusahaan setrum nasional ini. Darah muda sama artinya dengan angin segar?

PLN yang kehilangan pucuk pimpinan setelah direktur utamanya, Dahlan Iskan menduduki pos baru sebagai Menteri BUMN, kini bisa bernafas lega. PLN kembali memiliki direktur utama setelah Nur Pamudji ditunjuk resmi menjabat sebagai Direktur Utama PLN. Menariknya, pelantikan yang dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Menteri ESDM Jero Wacik tersebut dilakukan dengan sedikit nyeleneh, yakni dilakukan di Gardu Induk Karet Tengsin, Jakarta, Selasa (1/11/2011). Berbeda dari kebiasaan yang selama ini sering dilakukan seperti di Kantor Kementerian BUMN atau Kantor Pusat dari insititusi yang bersangkutan.

Dengan diangkatnya Nur Pamudji sebagai orang nomor satu di PLN, Dahlan Iskan kembali menegaskan visi perubahan mendasar di tubuh BUMN dengan memberikan kesempatan kepada yang muda-muda tampil di depan serta menggarisbawahi budaya kerja di PLN yang sudah ditanamkan sewaktu ia menjabat jadi dirut, yakni kerja, kerja dan kerja.

Selain menunjuk posisi dirut yang baru, Dahlan juga mengurangi satu posisi direktur untuk kemudian digabung menjadi satu. Posisi itu adalah Pengadaan Strategis dan ada Energi Primer yang kini melebur menjadi Direktur Pengadaan Strategis. Perubahan nama-nama direktusi juga dilakukan masing-masing Direktur Perencanaan dan Teknologi yang berubah menjadi Direktur Konstruksi serta Direktur Bisnis dan Manajemen Risiko yang diubah menjadi Direktur Perencanaan dan Manajemen Bisnis, meskipun orang yang menempatinya tetap tidak berubah.

 

Berikut jajaran direktur baru PLN:

Direktur Utama: Nur Pamudji

Direktur Operasi Jawa-Bali: I.G.A Ngurah Adnyana

Direktur Operasi Indonesia Barat: Mochamad Harry Jaya Pahlawan

Direktur Operasi Indonesia Timur: Vickner Sinaga

Direktur Konstruksi: Nasri Sebayang

Direktur Pengadaan Strategis: Bagiyo Riawan

Direktur Perencanaan dan Manajemen Bisnis: Murtaqi Syamsuddin

Direktur SDM dan Umum: Eddy D. Erningpraja

Direktur Keuangan: Setia Anggoro Dewo.

 

Tags: , ,