Perlukah Semua Karyawan Mendapat Training Social Media?

Apakah keberadaan social media sudah begitu merajalela sehingga perusahaan-perusahaan mulai mempertimbangkan untuk memberikan pelatihan social media kepada semua karyawan, tidak hanya marketing, sales dan Public Relations?

Itulah diskusi menarik yang dilempar situs web Mashable kemarin (13/6). Situs web tersebut melaporkan Digital Royalty, sebuah perusahaan strategi social media, saat ini sedang mempersiapkan kursus online tentang social media yang ditujukan kepada seluruh karyawan, tidak hanya karyawan yang tugas utamanya berhubungan dengan konsumen.

“Kami sudah tiba pada titik di mana kami mengerti apa yang dibutuhkan setiap divisi, dan kita tidak bisa lagi hanya fokus pada sales dan marketing saja,” demikian ujar Amy Jo Martin, pendiri perusahaan tersebut.

Apabila kita melihat dari sudut pandang yang lebih luas, hal ini menunjukkan semakin pentingnya social media dalam dunia bisnis.

Digital Royalty termasuk salah satu perusahaan yang paling awal dalam menawarkan jasa strategi sosial media. Program edukasi social media yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi karyawan bagian-bagian tertentu saja, kini meluas “kepada setiap orang dari Legal sampai HR sampai ke orang di belakang meja hingga kepada CEO,” ujar Martin seperti dikutip dari Mashable.

Bagaimana menurut Anda, apakah perusahaan perlu berinvestasi untuk memberikan pelatihan social media kepada seluruh karyawan?

Tags: ,