Orang HR Jangan Cuma BBM

Sudah dua pekan ini kalau Anda teliti dan menyadari ada sesuatu yang baru di portal kesayangan Anda ini, dan menyambangi Anda tepat setiap Senin pukul 07.00 pagi. Bagi Anda yang belum ‘ngeh’, coba lihat di halaman muka portal ini, di sebelah kiri atas dan jangan ragu-ragu untuk langsung meng-klik-nya. Ada gambar secangkir kopi di situ yang bersisihan dengan seraut wajah yang barangkali sudah Anda kenali, barangkali asing. Dia adalah Vice President Director Marketing & Operation PT United Tractors (UT) Tbk. Paulus Bambang W.S.

Ya, terhitung sejak 10 September 2007, dan seterusnya setiap Senin, Pak Paulus demikian sapaan akrab penulis buku laris Built to Bless ini akan mengasuh rubrik yang bernama Good Morning Partner itu. Sesuai dengan namanya, dan ikon secangkir kopi yang menyertainya, mudah ditebak bahwa ini bukan rubrik yang angker dan serius, dalam arti disajikan secara santai layaknya obrolan antarsahabat. Tentu, isinya adalah hal-hal yang cukup serius.

Dalam Good Morning Partner, Pak Paulus akan menyapa Anda, para petinggi dan profesional HR, dalam kapasitas sebagai seorang CEO. Ini tentu bagian dari “misi besar” PortalHR yang sejak awal kehadirannya ingin menjadi media yang mendorong dialog antara orang-orang yang menggeluti bidang HR atas isu-isu yang sedang berkembang. Salah satu isu yang paling santer tak lain tuntutan agar HR mampu berperan sebagai mitra strategis bagi bisnis, dan inilah yang akan menjadi perhatian utama Pak Paulus dalam Good Morning Partner. Tapi, siapa yang sebenarnya menuntut?

Pada edisi perdana, seperti Anda simak, Pak Paulus telah langsung “menyodok” kesadaran kita semua akan kondisi yang diwarnai kebingungan, ketegangan, tarik-menarik yang tak jarang sengit namun juga sering lucu antara CEO dengan orang HR berkaitan dengan “jargon” baru “strategic partner” tadi. Dan, pada edisi kedua, 17 September lalu, Pak Paulus dengan jenaka, mengutip sebuah acara televisi yang terkenal saat ini, mengatakan kepada para profesional HR bahwa kini saatnya untuk menjadi CEO Partner, dan jangan hanya BBM alias baru bisa mimpi.

Begitulah, dengan gaya seorang kolumnis yang mumpuni, Pak Paulus yang kaya wawasan dan pengalaman kepemimpinan manajerial mendialogkan isu yang sedang “gawat-gawatnya” saat ini dengan menarik dan penuh humor. Kadang ia menyindir, pada saat yang lain meledek. Dengan kata lain: blak-blakan. Yeah, namanya juga partner.

Jadi, sidang pembaca yang budiman, di mana pun Anda berada dan dalam bidang industri apapun Anda bersibuk ria sebagai profesional HR, jangan ragu dan sungkan untuk bergabung. Pastikan, setiap Senin, hal pertama yang Anda lakukan begitu tiba di kantor adalah menyambut sapaan Pak Paulus “Good Morning, Partner!” dengan meng-klik kotak di kiri atas halaman muka portal kesayangan Anda ini. Atau, Anda akan ketinggalan satu langkah setiap minggunya dari upaya Anda untuk menjadi CEO Partner.

Dan, yang tak kalah penting, Anda bisa langsung mengajukan pendapat Anda sendiri sekiranya Anda keberatan atau tidak setuju atau sekedar ingin mengungkapkan komentar. Good Morning Partner benar-benar akan berkembang menjadi dialog yang inspiratif baik bagi CEO maupun HR tergantung dari partisipasi Anda.

Tags: