Meja Kerja Perempuan Lebih Kotor

Lupakan mitos yang mengatakan bahwa kaum perempuan lebih menjaga kebersihan dibandingkan dengan laki-laki. Menurut seorang pakar dunia di bidang kebersihan tempat kerja, tingkat kekotoran kantor perempuan hampir tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan kantor laki-laki. Orang bisa melihat hal itu bahkan tanpa harus membuka laci mereka.

Dr. Charles Gerba dari Universitas Arizona, lebih mengejutkan lagi, mengungkapkan bahwa meja kerja rata-rata mengandung kuman 400 kali lebih banyak dibandingkan dengan kamar kecil. Sang pakar merinci bahwa kuman atau bakteri yang terdapat pada dekstop dan pesawat telepon, juga pada mouse dan kibor komputer yang digunakan oleh karyawan perempuan tiga sampai empat kali lebih banyak dibandingkan dengan yang digunakan karyawan laki-laki.

“Apa yang kami temukan adalah fakta bahwa perempuan tampaknya memiliki lebih banyak peralatan di kantor mereka, dari tas make up sampai foto keluarga dan berbagai benda lainnya di atas meja mereka,” ujar Dr. Gerba.

Dan, itu belum seberapa jika melihat lebih ke dalam, yakni apa yang mungkin tersimpam dalam laci meja. Di situ bisa terdapat sisa makanan kecil yang sudah lama terlupakan, atau alat kosmetik yang sudah tidak dipakai. Kondisi itu merupakan surga bagi bakteri, yang membuat meja kerja perempuan mengandung tujuh kali lebih banyak kuman dibandingkan dengan meja kerja laki-laki.

Menurut Dr. Gerba, dompet adalah satu-satunya benda yang menjadi sarang kuman yang dibawa oleh karyawan laki-laki 4 kali lebih besar dibandingkan dengan dompet perempuan.

Nomer Satu

Penelitian tentang Kuman di Tempat Kerja yang dilakukan Dr Gerba lebih jauh menghasilkan pemeringkatan bahwa telepon kantor merupakan sarang bakteri nomer satu, dengan 25.127 mikroba per inci persegi. Menyusul kemudian, permukaan meja kerja, yang menjadi tempat berumahnya sekitar 20.961 mikroba per inci persegi.

Sebagai bandingan, kamar kecil yang telah disterilisasi dengan sempurna hanya mengandung 49 kuman per inci persegi. Kibor (komputer) mengandung 3.295 kuman per inci persegi, diikuti mouse, mesin faksimili dan mesin foto kopi, dengan perkiraan masing-masing berturut-turut 1.676; 301; dan 69 kuman pada setiap inci perseginya.

“Seiring dengan semakin lamanya orang berada di depan meja kerja mereka, makin banyak pula kuman terdapat di situ,” ujar Dr. Gerba. “Meja (kerja) merupakan kafetaria bagi segala jenis bakteri. Mereka ada di situ selama kita berada di kantor.”

Serius

Menurut survei American Dietician Association 2006, hampir enam dari 10 karyawan mengemil makanan kecil di meja kerjanya sedikitnya sekali dalam sehari. Namun, hanya tiga perempat dari mereka yang menyatakan, membersihkan mejanya setelah itu.
Pesan dari berbagai penelitian tersebut tak lain peringatan bahwa masalah kesehatan dan kebersihan di tempat kerja memiliki konsekuensi yang serius.

Dalam salah satu studinya, Dr. Gerba dan tim penelitinya menemukan bahwa orang yang terinfeksi kuman bisa meninggalkan berbagai macam virus pada setiap benda yang disentuhnya –dan sejumlah virus tertentu bisa bertahan hidup di permukaan benda selama tiga hari.

Tags: