Inilah Kiprah Nur Pamudji di PLN

Sosok Nur Pamudji hari ini mendadak mendapat sorotan publik menyusul ditunjuknya ia sebagai Direktur Utama PT PLN (persero) menggantikan Dahlan Iskan yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN. Pelantikan Nur Pamudji dilakukan dalam sebuah acara yang sederhana di Gardu Induk Karet Tengsin, Jakarta, Selasa (1/11/2011).

Naiknya Nur Pamudji sebagai petinggi nomor satu di PLN dinilai tepat oleh banyak pihak. Selain ia masih muda, bahkan termuda di jajaran direksi lainnya, ia juga bukan orang baru di PLN. Nur Pamudji mulai berkiprah di PLN ketia ia pertama kali masuk pada 1985 sebagai karyawan Enjinir Sistem Operasi Pembangkit (1985-2001).

Latar belakang pendidikannya, ia meraih gelar Sarjana Teknik Elektrik dari Institut Teknologi Bandung, Indonesia di tahun 1985, kemudian melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana Fakultas Teknik University of New South Wales, Australia pada 1995 dan and Master of Public Management dari National University of Singapore di 2003. Karirnya di PLN terus menanjak.

Misalnya pada April 2008, Nur Pamudji dipercaya menjabat sebagai General Manager PLN P3B Jawa-Bali, setelah sebelumnya ia menduduki posisi sebagai Manajer Sistem Operasi Pembangkit Jawa-Bali (2005-2008) dan Manajer Transmisi untuk Area Sulawesi Selatan (2001-2002). Nur Pamudji juga pernah memimpin Tim pengembangan Sistem Kompetensi SDM PLN pada 2004 sampai 2005. Sebelum akhirnya ditunjuk sebagai direktur utama, Nur Pamudji yang dikenal sebagai sosok low profile ini menjabat sebagai Direktur Energi Primer sejak Desember 2009.

Bagaimana kiprah Nur Pamudji setelah menjabat sebagai direktur utama PLN, dan apakah PLN bisa mengatasi persoalan byar-pet, kita tunggu saja.

 

Tags: , ,