HRD Harus Mampu Ciptakan Agen Perubahan dalam Organisasi

HRD harus mampu memacu setiap individu dalam organisasi utamanya level sect head up untuk menjadi “internal trainer”. Selain merupakan bagian dari IDP (Individual Development Program) bagi individu yang bersangkutan, hal itu sekaligus dimaksudkan untuk menciptakan percepatan sosialisasi skill dan knowledge guna mendukung tercapainya kinerja menuju “excellence”.

Demikian salah satu butir yang bisa dipetik dari Learning Forum HR Excellence 2006 yang diadakan oleh Human Resource Indonesia (HRI) bekerja sama dengan Lembaga Management FEUI di Kampus Salemba, Jakarta, Sabtu (18/11/2006). Dalam kesempatan tersebut dihadirkan General Manajer HRD PT Dharma Polimetal Soegeanto yang membagi pengalamannya mengenai praktek manajeman kinerja di perusahaannya.

Menurut Soegeanto, setelah disadari pentingnya HRD menjadi mitra strategis dalam pengembangan bisnis perusahaan, fase berikutnya HRD harus menciptakan agen perubahan di dalam organisasi. “Di Dharma Polimetal, internal trainers merupakan salah satu agen perubahan dalam mendukung proses learning organization,” ungkap Soegeanto.

Dia lalu menyebut salah satu contoh kegiatan yang diprakarsai oleh HRD dalam kaitan untuk memacu individu menjadi internal trainer tersebut. “Seminggu sekali, kami mengadakan acara teaching hours, sebuah forum di mana karyawan diminta untuk sharing mengenai buku yang telah dibacanya.” Diakui, memang sulit untuk memulai hal-hal seperti itu. Kuncinya, menurut Soegeanto, harus ada komitmen dari top management dan, “Setelah itu, ciptakan sistemnya.”

Selain mencetak intenal trainers dengan berbagai cara dan kegiatan, menciptakan agen perubahan juga dilakukan dengan membudayakan pemilihan karyawan teladan. “Ini baru kita mulai pada tahun 2000 yang lalu, dengan kriteria penilaian termasuk performance kerja, improvement dan integritas,” jelas Soegeanto.

“Kami (HRD) juga menjalin strategic partner dengan serikat pekerja yang ada. Kita libatkan mereka dalam rapat dan proses pengambilan keputusan,” tambah dia. PT Dharma Polimetal adalah holding company dari Dharma Group yang beroperasi di Balaraja, Tangerang. Dengan jumlah karyawan 2800 orang di seluruh grup (1700 orang di antaranya di holding), perusahaan ini memproduksi komponen otomotif, peralatan kesehatan dan perlengkapan supermarket (troli).

Tags: