Executive Breakfast, Ajang Obrolan Eksekutif HR

Banyak perusahaan masih lemah dalam menghubungkan antara hasil performance management yang telah mereka lakukan dengan sistem HR lainnya. Misalnya, karyawan dengan performance yang baik tidak mendapatkan kompensasi yang sesuai, dan sebaliknya, justru ada perusahaan yang terlalu baik hati sehingga membayar lebih karyawan yang kinerjanya buruk.

Itulah salah satu isu seputar performance management  yang mengemuka dalam acara Executive Breakfast, sebuah ajang obrolan kalangan eksekutif HR yang digelar di Leatris Room, Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (15/11/2006) pukul 07.00 WIB. Forum informal ini diprakarsai oleh Oracle, Daya Dimensi Indonesia (DDI), Multi Talent Indonesia (MTI) dan didukung PortalHR.com. Acara dipandu oleh Diski Naim dari Oracle.

Managing Director MTI Irwan Rei tampil mempresentasikan makalah bertajuk Performance Management: Linking Business and People Performance. Dengan membuat perumpamaan agar mudah dipahami, Irwan mengibaratkan performance management sebagai buku rapor yang berisi nilai karyawan. “Apa yang dinilai atau diukur harus sesuatu yang penting bagi organisasi,” tegas dia.

Diingatkan, sebagai sebuah buku rapor, performance management tentu saja tidak berhenti hanya pada isi saja. Melainkan, bagaimana mengelola lebih lanjut penilaian tersebut. “Di sinilah diperlukan planning, coaching, review dan rewarding,” rinci Irwan seraya menambahkan, ujung dari proses itu tak lain bagaimana mengaitkan hasilnya dengan program-program HR yang lain.

Ada tiga kompenen penting program HR yang ditekankan oleh Irwan untuk mendapat perhatian berkaitan dengan hasil performance management. Yakni, kompensasi, training & development dan promosi/rotasi. “Apakah karyawan-karyawan kunci yang menggerakkan bisnis sudah mendapat insentif yang sesuai kerja mereka, bagaimana men-developdan meng-engage orang untuk fokus pada nilai tambah,” demikian Irwan mencontohkan.

Forum Executive Breakfast mendapat sambutan yang positif dan antusias dari sekitar 40 peserta yang hadir. Mereka datang dari berbagai perusahaan yang bergerak dalam industri yang beragam, dari asuransi, perbankan sampai perminyakan. Kebanyakan adalah HR Director/Manajer atau jabatan-jabatan lain setingkat manajer. Direncanakan, forum ini akan digelar secara reguler dua bulan sekali.

Tags: ,