Adidas Luncurkan Strategi e-Rekrutmen

Perusahaan ritel olahraga Adidas meluncurkan strategi e-rekrutmen yang diterapkan di seluruh dunia untuk meningkatkan strategi pengelolaan talent mereka secara global.
Software yang digunakan adalah ActiveRecruiter dari Jobpartners.

ActiveRecruiter akan digunakan untuk membantu Adidas menarik para kandidat terbaik di seluruh dunia dan menciptakan sebuah pool talent global untuk semua brand Adidas (Reebok, TaylorMade dan Rockport). Solusi ini akan mulai dijalankan pada kuartal pertama tahun depan di Jerman, Amerika, Hong Kong, China dan negara-negara lainnya sepanjang 2007.

“Grup Adidas berkembang sangat cepat, yang berarti strategi manajemen talent global yang efektif sangat penting bagi kami,” ujar Kepala Rekrutmen Grup Adidas Steve Bonomo seperti dikutip dari Siaran Pers Jobpartners.

“Kami mengimplementasikan ActiveRecruiter untuk mempercepat proses dan juga meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses rekrutmen kami. Dengan begitu kami berharap meningkatkan citra perusahaan kami dan juga meningkatkan kinerja kami dalam attract, hire dan retain orang-orang yang berbakat,” lanjut Bonomo.

Adidas juga berharap bisa membuat proses rekrutmen lebih konsisten di seluruh dunia dan meningkatkan customer relationship management dengan layanan software tersebut.
ActiveRecruiter akan menggantikan tool pengelolaan lamaran kerja sebelumnya yang berbasis SAP, dan akan digunakan secara global oleh bagian rekrutmen dan para manajer.

Dengan implementasi ActiveRecruiter, grup Adidas berharap meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan lamaran kerja secara global, mengembangkan hubungan yang berlanjut dengan kandidat, dan meningkatkan jumlah kandidat berkualitas yang melamar.

Software yang sama juga membantu tim rekrutmen Adidas memastikan laporan yang konsisten di seluruh dunia. Selain itu, dengan kemampuan multi-brand ActiveRecruiter, Adidas bisa mempromosikan posisi di brand mana saja dalam grup untuk menarik kandidat, dan kemudian kandidat tersebut bisa digunakan oleh brand-brand yang lain di dalam grup.

Penerapan solusi baru ini diharapkan akan mengurangi biaya terutama dengan mengurangi jumlah headhunter dan agen rekrutmen yang digunakan grup Adidas. Adidas juga mengharapkan penghematan waktu yang digunakan untuk rekrutmen.

Manfaat lain yang diharapkan adalah kesesuaian dengan peraturan ketenagakerjaan lokal, yang tentu saja sangat penting bagi grup Adidas sebagai perusahaan global. Misalnya, solusi ini memungkinkan menghilangkan tanggal lahir dari surat lamaran untuk menyesuaikan dengan hukum diskriminasi usia seperti yang berlaku di Inggris.

Tags: