Mau Tingkatkan Produktivitas? Coba Atur Ulang Tempat Kerja

office design

Berbagai macam hal dilakukan demi meningkatkan produktivitas pekerja. Mulai dari olahraga, makanan, meja kerja hingga warna cat tembok. Namun apakah kantor Anda sendiri dapat membangun produktivitas Anda? Jika tidak, mungkin ini saatnya Anda menyampaikan ide Anda untuk mengatur ulang ruang kerja Anda.

office design

Mengatur ulang ruang kantor memang bukan perkara mudah. Namun jika semua orang bekerja sama, ruang kerja yang baru dapat membuat semua orang lebih bersemangat. Pertama-tama kosongkan dan buang dokumen-dokumen yang sudah tidak diperlukan. Kedua, rencanakan perubahan layout yang akan dilakukan. Ketiga, pastikan semua benda memiliki ‘rumahnya’ masing-masing. Tidak ada lagi kertas yang menumpuk di meja, taruhlah dalam paper tray ataupun kotak yang menarik.

Tidak hanya sekedar merubah ruang kerja, namun sistem pun juga perlu diubah. Jika sebelumnya tidak ada area untuk brainstorming, mungkin ini bisa jadi ide baru bagi Anda. Area-area yang dibuat dapat mengurangi gangguan selama bekerja. Jika selama ini semua dokumen disimpan dalam bentuk hardcopy, maka mulai saat ini Anda harus memilah mana yang harus disimpan dalam bentuk fisik dan mana yang digital. Rapikan email Anda juga bisa membantu meningkatkan produktivitas. Buatlah folder prioritas, mulai dari read now sampai later.

Sekarang saatnya merapikan meja kerja Anda. Pastikan benda-benda yang sering Anda pergunakan, seperti alat tulis, berada dalam jangkauan tangan Anda. Selalu bagi dokumen Anda ke dalam tiga bagian: inbox, in-progress dan complete. Berikanlah expired date pada dokumen Anda. Jika dokumen Anda sudah ada yang melewati batas tersebut maka buanglah dokumen tersebut.

Simak infografik berikut ini:

organise-your-office

(*)