Yuk, Have Fun di Tempat Kerja

Cara terbaik untuk bersenang-senang di tempat kerja adalah dengan mengelola waktu sebaik-baiknya. Dengan demikian, kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan hal-hal yang membuat kita senang.

Ada beberapa langkah yang dapat kita coba untuk kita bisa menikmati momen-momen di tempat kerja. Dikutip dari wikihow.com, berikut adalah tips yang menarik agar waktu-waktu di kantor kita selalu menyenangkan:

1. Membuat to-do list tanpa menyantumkan detil waktu. Hal ini memungkinkan kita untuk mendapatkan fleksibilitas waktu. Daftar tugas akan membuat kita fokus. Estimasikan berapa lama waktu yang dihabiskan tiap-tiap pekerjaan dan sisihkan waktu untuk break di sela-sela pekerjaan tersebut.

2. Hiburlah diri sendiri. Manfaatkan waktu-waktu luang atau waktu yang tak terpakai seperti menunggu untuk menghibur diri, misalnya dengan bermain game atau belajar bahasa.

3. Tetap tenang dan santai. Mainkan game internet yang tidak membutuhkan reaksi cepat, seperti permainan catur atau kartu. Selalu miliki sesuatu yang dapat menceriakan pikiran kita di sela-sela kerja.

4. Sisihkan waktu untuk beristirahat sejenak. Jika ada waktu luang, gunakan untuk istirahat, atau tidur. Rehat sebentar akan membuat kita termotivasi dan membuat otak kita tajam.

5. Bersosialisasi. Membaurlah dengan rekan kerja dan berbincang dengan mereka tentang hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Jika kita tidak bisa melakukan hal tersebut, kita bisa menggunakan cara lain yakni chatting dengan teman di chatroom dan membicarakan topik yang kita sukai.

6. Lakukan aktivitas sehari-hari yang bervariasi sehingga menstimulus otak menjadi aktif. Misalnya tukar menukar buku dengan teman, mengikuti tren politik, mendiskusikan suatu project dengan rekan, berbagi teh dan biskuit dengan rekan kerja atau menceritakan lelucon di tempat kerja.

7. Mendengarkan musik. Sembari bekerja, kita bisa mendengarkan music favorit dan bergoyang-goyang kecil di meja kita.

Untuk membuat pekerjaan terasa “fun”, ada beberapa tips yang layak dicoba, antara lain,

– Jangan pikirkan hal-hal buruk tentang pekerjaan kita. Pikirkan alasan kita bekerja dan benefit apa yang akan kita dapatkan.

– Bersikap terbuka ketika mencari aktivitas sampingan yang bisa kita kerjakan, misalnya belajar bahasa asing, yoga atau bahkan meditasi.

– Aktivitas yang melibatkan grup bisa menjadi alternatif yang sangat bagus.

– Ketika pergi tidur, pastikan bahwa kita tidak akan terbangun atau dibangunkan secara tiba-tiba. Caranya adalah dengan memilih waktu dan tempat untuk tidur senyaman mungkin.

Tags: ,