Yuk, Benahi LinkedIn

add-some-new-apps-and-features

Sudah berapa lama Anda tidak meng-update akun LinkedIn Anda? Jika sudah lama Anda tidak melongok profil Anda di situs jejaring profesional itu, yuk sekarang kita benahi akun kita masing-masing.

Banyak perubahan dan inovasi baru yang dilakukan LinkedIn belakangan ini, termasuk salah satunya tampilan/design baru.

Di bawah ini 13 tips dari Business Insider untuk membuat profil LinkedIn Anda sulit ditolak para perekrut:

1. Update Foto Anda

Memang ini bukan Facebook, tetapi bukan berarti Anda boleh terus-terusan memasang foto biodata yang membosankan itu. Pilihlah foto yang menampilkan diri Anda dengan baik dalam ranah profesional.

Contoh: tidak buram, bukan foto bersama grup, bukan foto bersama pacar, atau foto Anda sedang mengenakan sesuatu yang tidak boleh dikenakan dalam pekerjaan.

2. Update terus bagian “Summary”

Apa pencapaian terbesar Anda tahun ini? Summary adalah bagian yang tepat untuk menceritakan hal ini. Bila sudah lama Anda tidak mengupdate bagian ini, sekaranglah saatnya.

3. Hilangkan istilah yang dapat membuat Anda terkesan kuno

Periksalah apakah Anda menggunakan kata-kata bombastis yang mungkin saja sudah kuno saat ini.

4. Pamerkan Pengalaman Kerja Sosial Anda


Apa yang Anda lakukan di luar kantor mengatakan banyak hal tentang diri Anda. Perekrut maupun network Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih utuh tentang Anda dengan mengetahui bagaimana Anda menghabiskan waktu luang Anda. Bila Anda belum memiliki pengalaman sebagai sukarelawan, mulailah sekarang.

5. Kumpulkan semua Skill Anda

Gunakan kata-kata yang menjual. Bagian “Skills” adalah bagaimana perekrut akan menemukan Anda. “Skills” menggunakan istilah yang dapat berubah dari masa ke masa. Contoh: apakah sebaiknya menggunakan kata-kata “blogger” atau “blogging”?

Bagian LinkedIn Skill dapat membantu Anda. Masukkan skill dalam kotak pencarian dan Anda dapat membandingkan istilah mana yang lebih populer yang sesuai dengan keterampilan Anda.

6. Coba bagian Endorsement

Selain “Skills” LinkedIn telah menambahkan fitur baru yang disebut Endorsement. Anda dapat memberi pengakuan kepada orang-orang yang Anda anggap mahir di bidangnya.

7. Follow para “thought leaders”

Bulan Oktober yang lalu, LinkedIn baru saja menambahkan fitur “thought leaders.” Anda bisa mengikuti para tokoh yang Anda kagumi dan posting mereka akan tampil dalam halaman Home Anda.

8. Kelola Rekomendasi

Banyak orang yang baru sibuk mencari rekomendasi ketika sedang mencari pekerjaan. Tetapi sekumpulan rekomendasi yang baru, apalagi dari teman-teman, mudah terlihat oleh perekrut dan dengan mudah dapat diabaikan.

Daftar rekomendasi yang bertahan sepanjang tahun akan lebih menarik. Perekrut juga lebih menyukai rekomendasi dari eksekutif di industri Anda atau di perusahaan Anda.

9. Bersihkan group lama dan tambahkan yang baru

Mungkin Anda telah bergabung dengan beberapa group yang saat ini tidak relevan lagi. Tidak perlu malu untuk menghapusnya dan menambahkan group yang baru.

Group dapat menjadi cara terbaik bagi Anda memperluas jejaring. Menjadi anggota group yang sama bisa menjadi alasan yang baik untuk membuka jalur perkenalan dengan kontak profesional yang Anda inginkan.

10. Ikuti perusahaan impian Anda

Meskipun Anda mencintai pekerjaan Anda saat ini, bukan berarti Anda tidak boleh berharap, apalagi ketika Anda belum menemukan pekerjaan impian Anda. Dengan mengikuti perusahaan idaman Anda ini, Anda akan mengetahui ketika ada lowongan dan menonjolkan diri Anda dengan ikut berkomentar dan berpartisipasi dalam aktivitas perusahaan tersebut.

11. Tambahkan Aplikasi dan Fitur Baru


Ada berbagai aplikasi dan fitur tambahan di LinkedIn, dari aplikasi untuk mencari event profesional di kota Anda, mencari buku terbaru, hingga melihat ke mana rekan Anda bepergian.

12. Mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan

Banyak yang berhasil mendapatkan pekerjaan hanya karena mereka pandai menjawab pertanyaan di bagian Linkedin Answers.

13. Buat dan update Signature LinkedIn

Anda bisa menambahkan signature LinkedIn ke dalam email Anda. Tanda tangan ini akan menghubungkan kontak Anda kepada halaman profil LinkedIn Anda.

Selamat mencoba.

 

 

Tags: ,