Yuk, Belajar Mendengarkan

Mendengarkan orang lain adalah hal baik yang perlu kita lakukan. Namun banyak hal yang dapat menghambat seseorang dalam melakukan hal ini. Jika pikiran Anda mudah teralih, tidak sabaran dan ingin cepat pergi, maka Anda tidak dapat mendengarkan dengan maksimal. Anda perlu untuk mendengarkan dengan baik.

Tidak hanya sekedar mendengarkan, tetapi juga memahami dan meresapi informasi yang diberikan orang lain. Berikut beberapa hal yang kami kutip dari Blogging4 jobs yang dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan Anda:

Baca juga: Komunikasi, Kunci Melawan Resistensi Karyawan

Hadir di sana dan perhatian

Mendengarkan tidak hanya sekedar diam. Mendengarkan dengan benar sebenarnya adalah kemampuan yang kompleks. Hal yang penting diperlukan adalah memperhatikan dan benar-benar hadir dengan baik. Mungkin hal ini akan sulit untuk dilakukan jika Anda mendengar hal yang kurang nyaman, namun ini salah satu bentuk kesopanan yang perlu untuk dilakukan.

Luangkan waktu, tahan diri untuk agenda Anda sendiri

Ketika Anda mendengarkan seseorang, artinya “Saya menghargai Anda dan apa yang akan Anda sampaikan, maka dari situ saya akan memberikan perhatian, waktu dan tenaga untuk mendengarkan Anda.” Ini juga berarti bahwa menyediakan waktu Anda dan lebih fokus pada apa yang disampaikan oleh orang lain. Bukannya malah memikirkan apa yang akan Anda sampaikan.

Anda tidak perlu mengesampingkan semua agenda Anda seharian hanya untuk mendengarkan curhat rekan Anda. Cobalah untuk memberikan beberapa menit bagi rekan Anda untuk bercerita dan Anda mendengarkan.

Kelola Reaksi Anda

Jika orang lain mengatakan hal yang tidak ingin Anda dengar, mungkin Anda akan merasa tidak nyaman. Hal ini kemudian akan mengarahkan Anda untuk mempertahankan diri ataupun keinginan untuk melawan ketika Anda merasa terancam. Anda akan memberikan rekasi-reaksi tertentu. Misalnya, jantung Anda akan berdebar, dada Anda mulai penuh dan perut Anda akan terasa tak enak.  Secara emosi Anda merasa terancam, takut ataupun marah. Pendapat Anda yang tadinya mungkin akan membantunya, malah akan tertutup dengan usaha Anda mempertahankan diri.

Respon-respon ini mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam mendengarkan. Jika Anda merasa seperti ini, tenangkanlah diri Anda. Anda bisa permisi sebentar untuk menenangkan diri dan kemudian kembali mendengarkan.

Perlihatkan Rasa Ingin Tahu yang Ramah

Untuk bereaksi dengan apa yang disampaikan orang lain, itu merupakan pilihan Anda. Salah satunya penasaran dengan apa yang akan disampaikan selanjutnya oleh rekan Anda. Ini merupakan hal yang wajar. Kemukakanlah dengan baik bahwa Anda ‘kepo’ dengan apa yang akan disampaikan dan siap untuk mendengarkannya. Hal ini akan membuat mereka lebih terbuka dibandingkan dengan yang Anda kira.

Baca juga: 5 Tips untuk Komunikasi Lebih Baik di Kantor

Tags: ,