Tips Sederhana untuk Membuat Anda Tertidur Setiap Malamnya

sleep-55792_640

Pernahkah Anda merasa tidak bisa tidur padahal Anda sangat lelah. Anda sudah mencoba berbagai macam cara, mulai dari minum susu, mematikan seluruh peralatan elektronik bahkan menghitung domba. Namun tidak ada satupun yang membuat Anda mengantuk.

Setiap detiknya membuat Anda gelisah sehingga membuat Anda semakin tidak bisa tidur.  Keesokan harinya, semua rencana produktif Anda gagal karena Anda berusaha keras melawan kantuk Anda.

sleep-55792_640

(Image:Pixabay)

Ternyata ada satu tips sederhana yang bisa membantu Anda tertidur, yaitu dengan mengeluarkan salah satu kaki dari luar selimut. Bagaimana caranya? Ternyata jika suhu internal tubuh Anda terlalu tinggi Anda akan kesulitan untuk tertidur. Mengeluarkan salah satu kaki dari selimut membuat tubuh berusaha untuk menyeimbangkan suhu internal tubuh.

Baca juga: Jika Anda Kurang Tidur, Coba Ikuti Cara Ini

Rasa kantuk muncul karena suhu internal tubuh yang menurun. Segala macam tips untuk membuat mengantuk sebenarnya adalah dengan menurunkan suhu tubuh. Salah satu cara yang cukup sederhana untuk dilakukan adalah dengan mengeluarkan salah satu kaki dari selimut Anda yang hangat.

Baca juga: Tidur Siang Bisa Picu Produktivitas, Bagaimana Bisa?

Menariknya bagian-bagian tubuh seperti tangan dan kaki memiliki saluran arteriovenous anastomoses, yaitu saluran dalam darah yang berperan dalam menaikan dan menurunkan suhu tubuh. Darah yang terdapat dalam saluran tersebut akan menurun suhunya yang kemudian dialirkan ke seluruh tubuh sehingga tubuh merasa dingin dan mulai mengantuk.

Jadi untuk berikutnya, jika Anda merasa mengantuk namun tidak bisa tidur, Anda bisa mencoba untuk mengeluarkan salah satu kaki Anda dari selimut. (*)