Tips Penggunaan Linkedin dari 8 Pengusaha Muda

LinkedIn merupakan salah satu jejaring sosial yang dapat memudahkan Anda untuk mencari karyawan yang capable. Namun tidak itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan LinkedIn untuk marketing dan preparasi kegiatan. Tidak percaya? Mungkin Anda bisa mendengar tips dari delapan orang wirausaha yang tergabung dalam Young Entrepreneur Council (YEC) terkait apa saja yang bisa dilakukan di Linkedin.

1. Terlibat dalam group

Terdapat banyak group yang terdaftar dalam LinkedIn. Jika Anda aktif dan terlibat dalam group tersebut maka hal tersebut dapat menjadi salah satu cara untuk membuat Anda terlihat sebagai seorang ahli dan sumber daya yang dapat membantu. Hal ini dapat mengarahkan Anda pada kesempatan untuk bertemu orang-orang hebat, memperluas networking, mencari rekan kerja dan hal-hal lainnya. Kuncinya adalah tidak pamrih dalam membagi informasi yang dimiliki. (Patrick Conlet, Automation Heroes)

Baca juga: Strategi Rekrutmen Melalui Linkedin

2. Gunakan Untuk Persiapan Seminar

LinkedIn adalah sumber informasi. Terutama dalam menyiapkan conference dan events. Ketika ada suatu conference, Anda dapat mencari tahu apa saja yang akan ada di sana dan siapa yang menjadi speaker. Anda lalu dapat mencari profil mereka melalui LinkedIn dan bahkan menghubungi mereka secara langsung ataupun melalui mutual connection. Persiapan melalui LinkedIn ini akan membuat Anda bertemu orang yang tepat dan tahu betul diri Anda. (David Adelamn, ReelGenie)

3. Memindahkan kontak

Salah satu fitur terbaik di LinkedIn adalah mampu memindahkan kontak. Anda bisa memindahkan kontak LinkedIn Anda dan membagi mereka dengan rekan kerja Anda. Anda dapat meng-invite mereka dan menandai mereka yang memiliki potensi untuk menjadi resource ataupun klien Anda. Hal ini dapat menjadi praktik resiprokal yang Anda lakukan. (Darrah Brustein, Network Under 40/Finance Whiz Kids).

4. Pindah ke premium

Fitur premium dan InMail dapat memudahkan Anda. Perusahaan saya memanfaatkan fitur premium untuk merekrut, mengembangkan bisnis dan mencari rekan bisnis. Hal ini membuat perusahaan saya dapat melebarkan koneksi dan menjangkau mereka dengan mudah jika dibandingkan dengan secara langsung. (Luke Skurman, Niche.com)

5. Membantu satu sama lain

Fitur mutual connections merupakan fitur yang luar biasa. Fitur ini dapat menunjukan kepada Anda siapa saja yang terkoneksi dengan Anda dan bagaimana Anda dapat terhubungkan dengan klien Anda. Hal ini mungkin akan menyebabkan penyalahgunaan, namun Anda dapat menghindarinya. Berikanlah pembukaan yang baik, bukalah fitur mutual connecton dan sampaikan pada mereka bahwa Anda tertarik untuk mendengar pembukaan mereka. Namun sebelum mereka membuat pembukaan bagi Anda, Anda perlu untuk memberikan contoh terlebih dahulu. Lalu rasakan manfaatnya. (Brewster Stanislaw, Inside Social)

6. Mulailah dengan baik

Akun email Anda pasti sudah penuh dengan email-email terkait bisnis Anda, dan masih harus dipenuhi dengan email dari LinkedIn. Mungkin Anda akan terganggu dengan mereka yang kerap kali mengirimkan email terutama melalui LinkedIn. Salah satu caranya adalah dengan menjalin hubungan baik di kehidupan nyata. Sehingga ketika Anda menghubungi mereka melalui LinkedIn, maka mereka tidak akan merasa terganggu. (Divya Dhar, Seratis)

7. Mulailah menulis

LinkedIn dapat menjadi salah satu media untuk mengembangkan kemampuan menulis Anda. Dengan members mencapai 25.000 pengguna, maka Anda perlu memanfaatkannya. Namun jika Anda merasa kemampuan menulis Anda kurang baik, Anda bisa mempergunakan CopyMint, untuk membantu Anda memperbaiki tulisan Anda sebelum Anda mengunggahnya ke LinkedIn. Lalu Anda bisa meminta feedback dari pembaca Anda terkait apa yang perlu Anda tulis berikutnya. Jangan lupa untuk membalas komentar terkait tulisan Anda untuk membuat hubungan baik dengan pembaca. (Kelsey Meye, Influence & Co)

8. Sediakan waktu

Jika Anda ingin LinkedIn bekerja untuk Anda, maka Anda perlu memberikan sedikit waktu. Log in dan melihat siapa saja yang melihat akun Anda tidak akan membuat menjadi lembur setiap hari. Bahkan 15 menit setiap hari dapat memberikan dampak yang cukup besar. Anda bisa mengunduh tulisan Anda, membalas komentar, chat dan berhubungan secara personal dengan orang-orang di LinkedIn Anda. (Marie Hogan, Red Branch Media)

Baca juga: LinkedIn Sasar Mahasiswa, Luncurkan Halaman Universitas 

Tags: ,