Tips Memotivasi Karyawan

rajeevPeshawaria

Sebagian besar atasan tidak efektif bukanlah karena mereka tidak tahu bagaimana cara memotivasi bawahan, tapi karena mereka tidak tahu apa yang menjadi motivasi bawahan mereka. Padahal ini adalah kunci utamanya.

Sebagian atasan merasa tahu apa yang menjadi motivasi bawahan mereka, namun saat ditanya, ternyata mereka menyebutkan apa yang menjadi motivasi bagi dirinya sendiri. Mereka salah berasumsi bahwa apa yang memotivasi dirinya juga memotivasi yang lain.

Menurut Rajeev Peshawaria, penulis buku “Too Many Bosses, Too Few Leaders” seperti dikutip dari situs Fast Company, berikut adalah cara efektif memotivasi orang lain:

1. Sebesar apapun usaha Anda, Anda tidak akan bisa memotivasi orang lain. Manusia termotivasi atas dasar purpose dan nilai individual masing-masing.

2. Tidak perlu cari tahu apa yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi orang lain, namun cari tahu bagaimana mereka telah termotivasi sebelumnya.

3. Setelah Anda mengetahui trigger motivasi personal mereka, usahakan yang terbaik untuk mencocokkan ekspektasi mereka dengan pekerjaannya. Contoh, jika ada yang suka pekerjaan kreatif, berikan lebih banyak tugas yang melibatkan kreativitas. Jika ada yang lebih suka berinteraksi dengan konsumen dibandingkan pekerjaan proses, beri ia kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi dengan konsumen. Intinya, jika Anda tahu apa yang mereka suka, sebisa mungkin, desain pekerjaan mereka sehingga mereka mendapat kesempatan untuk melakukan apa yang benar-benar mereka sukai.

4. Namun jika ketidaksesuaian antara motivasi personal dan pekerjaan sangat besar, daripada menyuruh mereka melakukan pekerjaan dengan motivasi yang salah (yaitu dengan carrot in a stick), sepertinya akan lebih baik bagi mereka mencari pekerjaan yang sesuai dengan motivasinya. Dalam arti lain, jika demand dari pekerjaan mereka sama sekali bertentangan dengan apa yang membuat mereka termotivasi, sebaiknya bantu mereka mendapatkan pekerjaan atau posisi baru.

Kuncinya adalah mengetahui apa yang diharapkan seseorang dari pekerjaannya, dan lakukan yang terbaik untuk menghubungkan harapan itu dengan pekerjaan yang Anda berikan padanya.

Tags: