Tips Atur Waktu Bila 8 Jam Kerja Dirasa Kurang

Apakah Anda sering merasa bahwa 8 jam kerja Anda kurang untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda? Atau Anda kerap kali pulang malam untuk menyelesaikan pekerjaan? Atau Anda sering lembur pada saat weekend untuk menyelesaikan pekerjaan Anda? Jika Anda kerap kali merasakan hal tersebut, mungkin Anda memiliki time management yang buruk. Jika Anda merasa seperti itu, mungkin lima tips ini dapat membantu Anda me-manage waktu Anda:

1. Membuat to-do-list

Ketika Anda sampai ke kantor setiap paginya, buatlah daftar hal-hal yang akan dan perlu Anda lakukan pada hari itu. Sekalipun itu waktu makan siang ataupun break untuk menyeduh kopi, tuliskanlah! Kemudian, pilihlah mana yang diprioritaskan terlebih dahulu. Tentunya Anda akan lebih memprioritaskan bertemu boss Anda daripada sekedar menyeduh kopi bukan?

Setiap Anda menyelesaikan satu hal, jangan lupa Anda coret. Sehingga Anda bisa melihat apa saja yang sudah dan belum Anda selesaikan. Jangan lupa untuk meng-update daftar tersebut keesokan harinya ataupun ketika Anda mendapatkan tugas baru.

Baca juga: Multitasking: Hemat Waktu atau Buang-buang Waktu?

2. Mulailah dari yang sulit

Mulailah menyelesaikan tugas yang menurut Anda sulit. Selesaikan tugas itu segera setelah Anda sampai kantor. Tenaga, semangat dan pikiran Anda  masih segar di pagi hari dan manfaatkanlah hal itu. Sehingga setelah tugas sulit itu berakhir, Anda tinggal mengerjakan tugas yang menurut Anda mudah dan mungkin tidak begitu menguras pikiran.

3. Kerjakanlah satu per satu

Menurut suatu studi, mengerjakan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan tidak membantu untuk menyelesaikannya lebih cepat. Malah menjadi memperlambat. Kerjakanlah satu-satu tugas yang ingin Anda selesaikan. Jangan disambi dengan kegiatan lainnya. Multi-tasking biasanya tidak efektif untuk menyelesaikan beberapa tugas dalam satu kesempatan.

4. Fokus!

Fokus dan konsentrasilah pada hal yang sedang Anda kerjakan. Mungkin sekedar berbincang ringan dengan rekan kerja Anda akan me-refresh pikiran Anda. Namun hal ini akan mengurangi waktu Anda untuk menyelesaikan tugas. Tahanlah diri Anda untuk tidak tergoda dengan perbincangan rekan Anda, atau sekedar ngemil snack.

5. Cukup tidur dan istirahat

Jika Anda kurang tidur maka Anda tidak akan bekerja secara efektif keesokan harinya. Berusahalah untuk tidur tepat waktu. Tidur selama tujuh sampai delapan jam sangat cukup untuk me-recharge fisik Anda. Jangan lupa untuk break makan siang dan menjauhlah dari pekerjaannya untuk sejenak. Hal ini akan membuat Anda lebih fokus saat mengerjakan tugas setelah break dan menyelesaikan tugas Anda lebih cepat.

Baca juga: Kelola Energi Anda, Bukan Waktu