Tips Agar Stress Tidak Mempengaruhi Produktivitas Anda

Stress merupakan gejala jiwa yang bisa dialami oleh setiap orang. Sayangnya kita tidak bisa benar-benar mencegah kedatangan stress, tetapi kita bisa mengolahnya dengan benar. Jika akhir-akhir ini Anda sering merasa cemas, bekerja di bawah tekanan, mudah marah bahkan merasa depresi di kantor, sebenarnya itu merupakan tanda Anda mengalami stress.

Adalah normal jika kita mengalami stress dengan tingkat tertentu di kantor, tetapi ketika hal itu mulai merusak produktivitas dan hasil kerja Anda, siap-siap menerima resiko yang kurang baik. Stress management belum banyak diberikan oleh perusahaan untuk karyawannya, dan kita tahu pelajaran mengatasi stress belum kita dapatkan di bangku kuliah dulu. Namun jangan khawatir, ada banyak strategi untuk mengatasi stress, berikut ini 4 strategi yang efektif untuk mengelola stress :

1. Miliki jiwa yang lebih besar dari stress, ubah perspektif Anda

Coba pikirkan kapan Anda terakhir kali mengalami stress, apakah respon Anda atau perasaan Anda membantu membuat situasi lebih baik? Yang akan menyelesaikan masalah adalah kesiapan Anda menerimanya, bukan perasaan Anda saat mendapatkan masalah. Untuk itu, kontribusi dari diri Anda benar-benar berpengaruh besar terhadap hasilnya.

Kelola perasaan Anda, karena hal itu lah yang akan menentukan tindakan Anda. Jika Anda sudah terlanjur emosi akan situasi tersebut maka pikiran dan perilaku Anda akan mengikuti. Mengalami stress bukan akhir dari segalanya, jadi jangan takut. Anda harus lebih besar dari masalah Anda sendiri. Coba tempatkan situasinya dengan perspektif yang benar, hadapi apa yang terjadi dan kelola itu dengan sabar. Ini adalah tentang Anda berurusan dengan tekanan, karena stress hanya soal perspektif.

2. Hiduplah di masa sekarang

Seberapa sering Anda menghidupkan kembali masa lalu? Dan berapa banyak usaha dan energi Anda terbuang untuk berpikir tentang kemungkinan yang akan terjadi di masa depan? Ingatlah saat ini adalah satu-satunya titik terpenting dari kehidupan Anda. Stress bisa disebabkan karena penyesalan terhadap apa yang sudah Anda kerjakan atau juga perasaan yang berlebihan terhadap apa yang telah dicapai oleh orang lain. Pikirkan hal itu akan menambah beban pikiran Anda dalam bekerja.

3.  Mulailah dengan hal yang teratur, karena chaos sangat berkontribusi terhadap stress

Penyumbang terbesar stress yang kedua adalah kurangnya waktu. Kita semua memiliki waktu 24 jam, tetapi sebagian dari kita merasa seperti hanya memiliki waktu setengahnya. Jika Anda tidak merencanakan hari Anda, memprioritaskan apa saja yang perlu Anda lakukan dan mendeskripsikannya dalam rincian yang lebih jelas, maka Anda mengizinkan stress hadir di hari Anda. Jangan biarkan Anda bekerja dalam tekanan, untuk itu rencanakan semua jadwal Anda, termasuk waktu untuk pekerjaan yang tidak terduga.

4. Berlapang Dada

Berbelas kasihlah terhadap diri sendiri dan orang lain kadang membuat Anda tenang. Ketika Anda menyalahkan diri Anda dalam bekerja maka tidak ada yang bisa mengembalikan gairah Anda, selain diri Anda. Kirimkan perasaan yang menyenangkan kepada otak dan hati Anda, sehingga sinyal tersebut dapat mendorong jalan keluar dari kekacauan yang Anda alami. Berhenti merendahkan diri Anda, percaya diri dan jujur adalah komponen yang efektif untuk mengusir stress. Percayalah, produktivitas kerja Anda akan berlipat kali naiknya.

Tags: ,