Tidur Siang Dapat Tingkatkan Produktivitas

rest-413103_640

Tahukah Anda? Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan para peneliti University of Michigan, diketahui bahwa pekerja yang tidur siang dapat membuat mereka bekerja lebih produktif setelahnya. Para peneliti mengungkapkan bahwa tidur siang dapat menjadi cara yang mudah dan murah bagi perusahaan untuk meningkatkan keamanan bagi para pekerja.

rest-413103_640

Dalam penelitian ini, para peneliti meminta 40 orang sebagai partisipan untuk tidur malam dengan baik selama tiga malam. Setelah itu mereka diminta untuk menjawab pertanyaan seputar tidur, mood dan impulsivitas. Beberapa kelompok kemudian diperkenankan untuk tidur siang selama satu jam dan sisanya beristirahat sambil menonton video. Setelah beristirahat, partisipan kemudian diminta melanjutkan tugasnya.

Baca juga: Perlukah Pekerja Tidur Siang?

Hasilnya, partisipan yang tidur siang menghabiskan waktu lebih banyak untuk menyelesaikan tugas dibandingkan yang tidak. Partisipan yang tidur siang melaporkan bahwa mereka tidak frustasi dan impulsif dibanding mereka yang tidak tidur siang.

Jennifer Goldschmied, salah satu mahasiswa program doktoral psikologi, yang memimpin penelitian mengemukakan bahwa beberapa studi mengungkapkan bahwa seseorang yang telah terbangun untuk waktu yang cukup lama akan lebih mudah marah dan frustasi. “Tidur siang dapat menguntungkan bagi mereka yang harus bangun pada waktu yang cukup lama,” ungkap Goldschmied.

Baca juga: Tahukah Anda, Tidur Siang Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Berdasarkan hasil penelitian yang lain, diketahui bahwa pola tidur yang buruk, tidak hanya sekedar kurang tidur untuk satu malam, dapat membuat self-control seseorang memburuk, menurunkan atensi dan membuat keputusan yang salah. “Self-control merupakan bagian dari pengambilan keputusan dalam sehari-hari. Studi yang kami lakukan mengeksplor bagaimana pola tidur dan self-control seseorang berhubungan,” ungkap June Pilcher, selaku professor psikologi dari Clemson University.

Pola tidur yang buruk, kurangnya waktu tidur ataupun waktu tidur yang tidak konsisten, dapat menurunkan self-control seseorang. “Melatih self-control sangatlah dibutuhkan oleh setiap individu. Hal ini memudahkan seseorang untuk mengambil keputusan yang lebih baik bagi karir dan kehidupannya,” ungkap Pilcher. (*)