Tidur dan Olahraga, Cegah Anda Uring-uringan di Rumah

exercise-1835032_640

Terkadang hal-hal tak mengenakkan yang terjadi di kantor kerap kali terbawa sampai ke rumah. Atmosfir tidak enak yang seharusnya tertinggal di kantor malah semakin memanjang hingga ke rumah. Hal ini bisa membuat mood Anda, dan orang-orang di rumah Anda tentu saja, menjadi buruk. Namun tahukah Anda bahwa sekedar berjalan kaki atau berenang ternyata bisa mencegah hal tersebut terjadi loh! Hal ini diungkapkan berdasarkan studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Psychology.

exercise-1835032_640

(Image credit: Pixabay.com)

Studi yang dilakukan oleh University of Central Florida, Northern Illinois University, dan University of Wisconsin, menemukan bahwa olahraga dan tidur dapat membuat Anda merasa lebih baik sebelum sampai ke rumah. Menurut Shannon Taylor, selaku Professor Business Management dari University of Central Florida, pekerja yang mistreated di tempat kerja, kemungkinan besar akan menampilkan perilaku yang sama saat di rumah. “Jika ia kerap kali direndahkan oleh atasannya di kantor, mereka akan cenderung meluapkan frustrasi mereka dengan orang di rumah. Hal ini dikarenakan pekerja terlalu lelah untuk meregulasi perilaku mereka,“ ungkap Taylor.

Dalam studi ini, sebanyak 118 mahasiswa magister business management yang bekerja secara penuh diminta untuk mengisi survei dan mengenakan monitor aktivitas selama satu minggu. Tidak hanya mereka namun orang-orang yang tinggal bersama partisipan juga dimintai pendapatnya dalam survei. Hasilnya, membakar 587 kalori ternyata dapat menurunkan efek samping mistreatment di kantor dan mencegahnya untuk terbawa ke rumah. Untuk membakar 587 kalori dapat dilakukan melalui berenang selama satu jam atau jalan kaki selama 90 menit.

“Kami berpikir bahwa olahraga bertindak sebagai penyeimbang. Hal ini dikarenakan olahraga dapat menyehatkan fungsi otak yang berperan untuk meregulasi emosi dan perilaku,” ungkap Larissa Barber, selaku psikolog dari Northern Illinois University. Taylor mengungkapkan bahwa hasil studi ini memberikan sudut pandang baru mengenai betapa pentingnya tidur dan olahraga. “Tidak hanya baik untuk diri Anda, namun juga baik bagi pasangan Anda,” tambahnya. (*)