Tetap Sehat Saat di Kantor

Berapa lama Anda menghabiskan waktu untuk duduk di kantor? 3 jam? 4 jam? Atau mungkin 6 jam? Perlu Anda ketahui bahwa terlalu lama duduk dapat meningkatkan resiko serangan jantung atau stroke, obesitas dan diabetes tipe II. Terlalu lama duduk dapat meningkatkan resiko kematian apapun penyebabnya hingga 40%. Hal ini dikemukakan oleh Journal of the American Medical Association.

Selain resiko penyakit-penyakit berat tersebut, terlalu lama duduk juga menyebabkan penyakit lainnya. Jika posisi duduk Anda buruk, Anda dapat beresiko untuk menderita sakit leher dan bahu. Lalu, bagaimana mengurangi resiko penyakit-penyakit ini sehingga Anda dapat tetap bekerja dengan maksimal? Farhan Khalid, International Analyst di SIRVA menulis di LinkedIn beberapa tips sederhana untuk Anda:

Baca juga: Inilah Temuan Survei Terbaru tentang Kesehatan

– Berdirilah satu jam sekali, regangkan tangan dan lengan Anda.

– Alihkan pandangan Anda dari layar komputer sesering mungkin.

– Aturlah komputer, meja kerja dan kursi kerja Anda dengan baik. Pertahankan postur duduk yang baik.

– Bawalah bekal makanan sehat dari rumah dibandingkan dengan makan di luar. Jangan lupa bawa cemilan sehat seperti kacang-kacangan dan berries.

– Biasakan minum air putih. Kurangi minuman manis dan mengandung kafein.

– Cobalah berjalan-jalan di luar kantor setelah makan siang, apalagi jika cuaca sedang cerah. Maka Anda akan mendapatkan udara segar dan terpapar cahaya matahari untuk memproduksi vitamin D.

– Usahakan menggunakan tangga dibandingkan lift untuk melatih kaki Anda

– Parkir kendaraan Anda agak jauh sehingga memperpanjang jarak Anda untuk berjalan ke kantor

– Jika Anda membutuhkan rekan kerja Anda, sambangilah meja mereka dibandingkan dengan menelepon mereka ataupun mengirimkan email.

– Hindari hal-hal yang negatif seperti bergosip. Karena hal ini tidak sehat bagi fisik Anda.

– Cucilah tangan Anda dan bersihkan meja Anda, untuk menghindari flu dan demam.

Mungkin tips-tips ini terdengar sederhana. Namun perlu Anda ketahui bahwa hal sederhana ini dapat mencegah penyakit jantung, obesitas, diabetes atau setidaknya meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Alasan Mengapa HR Harus Memperhatikan Kesehatan Karyawan

Tags: , ,