Tanaman Hijau Tingkatkan Produktivitas

Apakah Anda merasa pekerja Anda kurang produktif? Mungkin ini saatnya Anda menambahkan tanaman hijau dalam daftar anggaran belanja perusahaan bulan depan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Queensland, Australia, ditemukan bahwa kantor yang memiliki ruang hijau dapat meningkatkan produktivitas para pekerjanya hingga 15%.

“Kantor yang peduli dengan lingkungan, dengan memiliki ruang hijau, secara tidak langsung memberikan pesan pada para pekerjanya bahwa perusahaan peduli dengan mereka dan kesehatan mereka,” ungkap asisten kepala studi, Alex Haslam selaku professor psikologi. “Pemandangan yang hijau di kantor dapat membuat tempat kerja menjadi lebih mudah dinikmati, nyaman dan menguntungkan bagi setiap orang.”

Baca juga: 3 Mitos tentang Open Office yang Perlu Anda Ketahui

Studi yang dilakukan terfokus pada tiga kantor di Inggris dan Belanda ini juga meneliti tentang efek jangka panjang ruang hijau dengan produktivitas para pekerjanya. Kantor yang menjadi partisipan studi semula memiliki konsep minimalis. Untuk membuat ruang hijau, kantor tersebut ditambahkan tanaman-tanaman. Setelah itu kualitas udara, konsentrasi pekerja dan kepuasan pekerja dimonitor selama dua bulan. “Berdasarkan yang kami temukan, kantor yang memiliki ruang hijau dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas para pekerjanya,” ungkap Haslam.

Haslam juga menyatakan bahwa membuat ruang kantor lebih hijau akan berlawanan dengan keyakinan bahwa ruang kantor yang lebih luas dapat meningkatkan produktivitas. Namun ternyata hasil studi menyatakan hal lain. Tanaman hijau di kantor tidak hanya sekedar untuk mempercantik ruangan, namun juga dapat meningkatkan produktivitas para pekerja. Jika ternyata ruang kantor Anda tidak memungkinkan untuk ditambah dengan tanaman, mungkin Anda bisa membeli tanaman hijau dalam pot kecil untuk diletakkan di sebelah komputer Anda. Siapa tahu produktivitas Anda sendiri pun bisa meningkat.

Baca juga: Kantor yang “keren”, perlukah?

Tags: