Sulit Fokus? Coba 6 Langkah Ini

Salah satu tantangan seorang entrepreneur adalah harus selalu siaga, waspada dan siap untuk melihat peluang yang muncul di sekitarnya. Dan berada pada situasi tersebut, sesungguhnya, tidak hanya badan kita saja yang lelah tetapi juga otak kita. Padahal jika ingin sukses dan selalu on top of the game, kita harus menjaga agar mental kita tidak tertekan. Setiap artis, pengusaha atlit atau siapa saja harus menyediakan waktu untuk merehatkan badan dan pikirannya karena saat itulah ide segar bermunculan.

Daniel Goldman, penulis buku “Focus” mengungkapkan, “kegagalan Anda untuk fokus ke dalam diri sendiri membuat Anda kurang kendali, kegagalan fokus terhadap orang lain membuat Anda tak paham (clueless) dan kegagalan untuk fokus pada sekitar membuat Anda buta”.

Untuk mencegah diri kita dari hal-hal yang membuat kita tidak fokus, berikut adalah enam cara yang dapat kita coba, seperti dilansir dari entrepreneur.com:

1. Matikan Email

Jika kita memiliki device yang membuat kita terhubung dengan email setiap saat, maka matikanlah notifikasinya atau sign out terlebih dahulu. Setelah itu, bukalah email tersebut satu jam kemudian untuk melihat email yang masuk. Hal ini efektif untuk meningkatkan produktivitas kita. Setelah berhasil dengan satu jam kita bisa memulai lagi dengan interval yang lebih panjang apabila memang hal itu tidak mengganggu alur kerja utama.

Baca juga: 5 Cara Kalahkan Stress pada Pekerjaan

2. Kombinasikan pekerjaan berat dan yang ringan

Cara ini dapat dilakukan dengan bantuan timer atau stopwatch. Pertama-tama, set up waktu hingga 25 menit. Selama 25 menit tersebut, Anda harus benar-benar fokus tanpa gangguan untuk mengerjakan tugas Anda. Setelah 25 menit terlewati, barulah Anda boleh beristirahat sekitar tiga atau 5 menit. Ulangi hal ini hingga lama waktu total kurang lebih dua jam. Setelah itu, Anda boleh beristirahat lebih lama.

3. Pasang ponsel Anda dalam mode diam

Notifikasi yang muncul dari ponsel kita dapat mengurangi konsentrasi dan fokus ketika bekerja. Oleh karena itu, pastikan bahwa ponsel Anda dalam mode ‘diam’ ketika Anda sedang butuh fokus. Jika Anda ketakutan bahwa panggilan penting tidak masuk, Anda bisa melakukan penyetingan hingga nomor-nomor tertentu bisa tetap menelpon Anda.

4. Melakukan Sistematisasi

Jika ada satu kesamaan di antara orang-orang yang sukses adalah konsistensi yang mereka miliki. Menjadi yang terbaik dalam suatu bidang yang kita tekuni membutuhkan fokus yang tinggi dan upaya serius yang terus menerus dilakukan. Dengan kata lain, kita harus sering berlatih untuk menjadi terbiasa dengan usaha kita tersebut.

5. Dengarkan kekesalan Anda sendiri

Apabila Anda sering terganggu atau emosional dengan orang-orang tertentu di tempat kerja, peluang Anda untuk tertekan/stress semakin tinggi. Pahami tanda-tanda tersebut dan antisipasi dengan cara menarik dan mengistirahatkan diri sendiri.

6. Olahraga

Olahraga yang dimaksud tidak selalu latihan fisik yang berat yang membuat Anda mengeluarkan banyak keringat. Latihan ini dapat dilakukan dengan cara berjalan keluar kantor saat penat bekerja atau menggerakan anggota tubuh di sela-sela mengerjakan tugas. Sebuah artikel dalam Harvard Business Review megungkapkan bahwa ketika strategi ini diimplementasikan pada 106 karyawan bank di Amerika, produktivitas karyawan tersebut meningkat sebanyak 13%.

Baca juga: Cobalah 5 Meditasi Ringan ini Untuk Anda yang Sulit Fokus

Tags: ,