Sukses Tanpa Mengorbankan Diri Sendiri

Bekerja 18 jam setiap minggu mungkin akan memenuhi pundi-pundi uang Anda. Namun mengorbankan waktu dengan keluarga dan para sahabat, apakah dapat mengarahkan Anda pada kesuksesan? Mashable.com membagi beberapa pembelajaran yang bisa Anda pahami dan resapi untuk tetap sukses bekerja tanpa mengorbankan waktu bagi orang-orang tersayang Anda dan diri Anda sendiri.

Pelajaran Pertama: Loyalitas

Anda pasti bekerja tidak sendiri. Anda memiliki beberapa anggota tim dan rekan kerja lainnya. Mereka tidak hanya sekedar membantu Anda dan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih ringan, namun juga dapat memberikan hal yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan. Jika Anda memiliki anggota tim dan rekan kerja yang loyal, maka mereka akan membantu Anda dengan senang hati kapan pun Anda inginkan. Mungkin pada awalnya Anda yang akan bekerja keras untuk menunjukkan loyalitas Anda pada mereka, namun sekali Anda menunjukkan bahwa Anda loyal pada mereka, maka mereka pun akan menunjukkan hal yang sama.

Baca juga: Satu Hal yang Tak Pernah Dilakukan Orang Sukses

Pelajaran Kedua: Pendelegasian Tugas

Mungkin hal ini bukan hal baru namun mendelegasikan tugas masih menjadi cara yang cukup efektif untuk membuat tugas Anda terselesaikan. Jika Anda merasa bahwa pekerjaan Anda sangat-sangat menghabiskan waktu Anda, mungkin Anda bisa mencoba membaginya dengan anggota tim Anda. Kesampingkanlah jiwa perfeksionis Anda sebelum Anda tenggelam dalam tanggung jawab tiada akhir. Anda bisa mulai mendelegasikan tugas-tugas yang sederhana dan semakin kompleks jika Anda puas dengan hasil kerja anggota tim Anda. Namun Anda juga harus tetap mengontrol pekerjaan mereka selain hasil akhirnya.

Pelajaran Ketiga: Membuat daftar ”to-do”  dan “done

Daftar-daftar ini akan membuat Anda terorganisasi dalam menjalankan pekerjaan Anda. Anda bisa melihat apa saja yang perlu Anda lakukan dan apa saja yang sudah Anda lakukan. Hal ini akan meminimalisir overwork. Tidak hanya sekedar hal yang perlu dilakukan hari ini, Anda juga bisa membuat daftar apa yang perlu Anda lakukan selama seminggu, satu bulan ataupun satu tahun. Buatlah daftar untuk menyelesaikan short-term dan long-term project Anda sehingga Anda tetap terkontrol dalam menyelesaikan tanggung jawab Anda.

Pelajaran Keempat: Buatlah definisi sukses Anda sendiri

Sukses bukan berarti bekerja tiada henti. Sukses bukan berarti mengorbankan waktu berkualitas Anda dengan orang tersayang  bahkan untuk diri Anda sendiri. Jika Anda terlalu larut dalam pekerjaan Anda tanpa rehat, lama kelamaan Anda hanya berorientasi dengan hasil akhir tanpa belajar untuk mencintai apa yang Anda lakukan,meskipun Anda sudah banyak berkorban. Untuk apa Anda berkorban dalam melakukan hal yang tidak Anda cintai? Anda harus belajar mencintai pekerjaan Anda, karena jika Anda mencintai pekerjaan Anda maka Anda akan lebih menikmati pekerjaan Anda. Secara tidak langsung Anda dapat meningkatkan performa kerja Anda. Anda perlu memiliki kehidupan selain kantor. Bersosialisasi, menghabiskan waktu dengan keluarga akan membuat Anda me-recharge semangat Anda dan membuat Anda lebih produktif kemudian.

Baca juga: Rahasia Sukses Berkarir: Jangan Ikuti Passion

Tags: ,