Sukses Melakukan Review Meeting

Akhir tahun, perusahaan biasanya melakukan penilaian terhadap karyawan. Istilah kerennya annual review. Ini bagian dari praktik performance management yang kini telah banyak diterapkan, utamanya oleh perusahaan skala besar. Tak heran, jika memasuki bulan desember seperti sekarang ini, banyak karyawan yang perusahaan tempat mereka bekerja telah menerapkan performance management, merasa gelisah dan was-was.
Seperti murid sekolah yang menantikan saat penerimaan rapor, mereka berharap-harap cemas, apakah kinerja tahun ini mendapatkan nilai yang bagus di mata atasan? Demikian pula, para manajer atau supervisi, pada akhir tahun begini disibukkan dengan persiapan untuk melakukan review terhadap anak buahnya, dan hal itu tak kalah memusingkan juga.
Pada kenyataannya, menilai kinerja memang bukanlah pekerjaan yang teramat mudah. Ada kalanya, terjadi perselisihan karena karyawan tidak menerima penilaian yang diberikan atasan karena yang bersangkutan merasa telah bekerja keras sepanjang tahun.
Oleh karenanya, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan berkaitan dengan annual review, sebelumnya perlu diperhatikan bahwa menilai kinerja karyawan tidak sama dengan menghakimi. Ini bukan proses satu arah di mana manajer atau supervisor menuding ke arah karyawan, dan mengatakan, "Kinerja kamu jelek tahun ini!" Melainkan, review tersebut hendaknya dilakukan dalam sebuah meeting yang bersifat dialogis.
<B>Mempersiapkan Review Meeting</B>
1. Tentukan hari/tanggal dan jam yang jelas, yang disepakati bersama
2. Pastikan karyawan telah siap dengan berkas-berkas yang diperlukan
3. Tetapkan tujuan-tujuan meeting dan bersiaplah dengan ide-ide untuk membantu karyawan lebih sukses di tahun berikutnya.
Selanjutnya, sebagai manajer atau supervisor yang dalam hal ini boleg dibilang sebagai pihak yang "punya gawe" terhadpa review meeting tersebut, pastikan terlebih dahulu jawaban-jawaban atas pertanyaan berikut:
1.  Hasil-hasil apakah yang saya inginkan dari review ini?
2. Apa kontribusi yang telah diberikan oleh karyawan (yang akan saya review?)
3. Apakah karyawan yang bersangkutan sudah tahu level performance yang saya harapkan darinya?
4. Pengembangan apa yang diperlukan oleh karyawan?
5. Bagaimana performance saya sendiri telah membantu atau menghambat anak buah saya dalam mencapai tujuan mereka?
6. Apa yang bisa saya bantu untuk karyawan saya?
<B>Melaksanakan Review Meeting</B>
1. Sebelum masuk ke diskusi, mulailah dengan pembukaan yang menyenangkan. Ini penting untuk menurunkan ketegangan yang mungkin dialami oleh karyawan.
2. Ungkapan agenda pertemuan tersebut dan ajaklah karyawan untuk bekerja sama dengan baik (menyukseskan review meeting tersebut)
3. Usahakan pembicaraan selalu terjadi dalam dua arah.
4. Jangan buru-buru –beri waktu kepada karyawan bila mereka memang memerlukan.
5. Hadapi berkas-berkas penilaian bersama-sama. Masukkan nilai-nilai dengan akurat dan tambahkan komentar-komentar khusus.
<B>Tips Lanjutan</B>
1. Jika terjadi perselisihan dalam penilaian, libatkan pihak ketiga, yang lebih tinggi jabatannya dari Anda, untuk memberikan masukan.
2. Tindak lanjuti hasil penilaian dengan reward yang sesuai.