Sudahkah Anda tidur siang? Tidur siang tingkatkan fungsi otak

Menurut Dr. Michael Rozin, selaku Chief Wellness Officer di Cleveland Clinic mengemukakan, “Tidur merupakan salah satu kebiasan yang seringkali dilupakan.” Mungkin Anda berpikir bahwa semakin Anda lama di kantor maka semakin sukses diri Anda. Namun sebenarnya tidur juga memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan karir Anda.

Mungkin Anda kerap kali kurang tidur dan bangga dengan hal itu. Tapi tahukah Anda? Waktu tidur Anda dapat berpengaruh pada keputusan yang Anda buat. Bill Clinton, yang dikenal hanya tidur selama 5 jam, mengakui bahwa setiap kesalahan penting yang ia buat itu semua karena dirinya kurang tidur.

Baca juga: Apakah Perlu Pekerja Tidur Siang?

Kreatifitas, kecerdasan, rasa percaya diri, kepemimpinan dan pengambilan keputusan dapat ditingkatkan hanya dengan mendapatkan tidur yang cukup. “Kurang tidur dapat memberikan dampak pada mood kita, kemampuan kita untuk fokus dan kemampuan kita untuk mengakses fungsi kognitif kita yang lebih tinggi, yakni kinerja mental, ” ungkap Dr. Stuart Quan dan Russell Sanna dari  Harvard Medical School’s Division of Sleep Medicine.

Studi yang dilakukan oleh Duke University juga menunjukkan bahwa kurang tidur diasosiasikan dengan tingkat stress yang lebih tinggi dan kemungkinan resiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung dan diabetes. Mereka juga menemukan bahwa kemungkinan resiko ini lebih tinggi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Namun bagaimana jika kita tidak memiliki waktu untuk tidur antara tujuh sampai delapan jam setiap harinya? Peneliti menemukan bahwa tidur siang singkat dapat memperbaiki waktu tidur Anda. Tahukah Anda bahwa Leondardo da Vinci, Thomas Edison, Eleanor Roosevelt, Winston Churchill dan John F. Kennedy kerap kali menyediakan waktu untuk tidur siang setiap harinya.

Menurut David Randall, penulis buku Dreamland: Adventures in the Strange Science of Sleep , tidur siang dapat meningkatkan fungsi otak, sehingga kita dapat menghasilkan ide-ide baru, menemukan solusi atas sebuah teka-teki lebih cepat, mampu melihat pola lebih cepat dan mampu mengingat informasi lebih akurat.

Mungkin banyak di antara Anda yang berpikir bahwa tidur siang bukanlah prioritas utama saat Anda bekerja. Namun sama halnya dengan bekerja, Anda bisa menjadwalkan waktu tidur Anda, dan tidur siang Anda dalam agenda Anda setiap harinya. Agar Anda dapat terus menciptakan ide-ide kreatif dan mengambil keputusan yang tepat. So, have a good sleep!

Baca juga: Manajemen Talent Penting Agar Tak Ada yang Tidur Usai Makan Siang

 

Tags: