Strategi Meminta Kenaikan Gaji

Baiklah, jadi sekarang Anda merasa sudah selayaknya meminta kenaikan gaji pada bos Anda. Sebelum Anda mengetuk pintu ruangan bos atau mengirim email kepadanya, lakukan dulu langkah-langkah persiapan.
Ada dua tahap persiapan sebelum mengajukan permohonan kenaikan gaji.
Pertama: cari informasi mengenai hasil-hasil penelitian tentang kenaikan gaji. Usaha ini perlu untuk membandingkan praktik pembayaran yang dilakukan perusahaan Anda dengan tingkat gaji untuk pekerjaan Anda di pasaran. Kenali praktik penggajian di perusahaan Anda, apakah misalnya menerapkan standar kenaikan gaji setahun sekali setelah <i>review</I> tahunan, atau lebih sering daripada itu.
Cari tahu survei tingkat gaji di pasaran sesuai jenis atau bidang pekerjaan Anda. Informasi tentang hal itu tidak terlalu mudah didapat. Hati-hati dengan informasi <I>online</I> karena kemungkinan besar tidak sesuai dengan kondisi lokal di mana Anda berada. Jika ternyata Anda telah digaji di atas angka pasar, akan sulit bagi Anda untuk bernegosiasi meminta kenaikan gaji kepada atasan Anda.
Kedua: persiapkan diri untuk "<i>meeting</I> meminta kenaikan gaji".
Kalau Anda selesai dengan langkah pertama, maka sebaiknya Anda yakin bahwa Anda cukup kompetitif untuk meminta kenaikan gaji. Berikutnya, Anda perlu melihat kontribusi Anda untuk menentukan bagaimana Anda akan merepresentasikan permintaan kenaikan gaji pada bos Anda.
Atau, jika Anda merasa bahwa sebenarnya gaji Anda sudah cukup kompetitif, tanya kembali diri Anda mengapa perlu meminta kenaikan gaji –Anda butuh data yang kuat untuk mendukung permintaan Anda itu. Buatlah daftar proyek-proyek yang berhasil Anda kerjakan, serta kalau ada, tanggung jawab tambahan lain yang telah Anda selesaikan dengan baik. Pelajarilah buku-buku dan sumber-sumber lain tentang negosiasi, dan bicara dengan teman-teman yang memiliki pengalaman sukses meminta kenaikan gaji.
Sekarang, saatnya mengatur jadwal <i>meeting</i> dengan bos untuk membicarakan permintaan Anda itu. Meeting ini sebaiknya juga melibatkan supervisor yang tepat membawahi Anda, dan pihak HRD.
Sukses dan tidaknya negosiasi Anda untuk meminta kenaikan gaji pada akhirnya tergantung pada "jasa" dan prestasi Anda. Maka simak tips berikut:
–Langsung arahkan pembicaraan mengenai permintaan Anda. Katakan Anda meminta kenaikan gaji saat ini karena prestasi dan kontribusi yang telah Anda berikan. –Bersiaplah dengan dokumentasi Anda.
–Lakukan presentasi riset untk mendukung dan menguatkan permintaan Anda.
–Jika bos (akhirnya) mengatakan tidak bisa memenuhi permintaan tersebut, tanyakan apa yang perlu Anda persiapkan agar Anda diprioritaskan jika sewaktu-waktu ada kenaikan gaji.
–Jangan bernegosiasi dengan menggunakan cara/strategi yang pernah Anda terapkan pada bos lain (jika sebelumnya Anda pernah bekerja di tempat lain).