Serius! 5 Kebiasaan Ini Mengarahkan pada Kegagalan

mistake-876597_640

Tidak ada orang yang ingin merasakan kegagalan, namun nyatanya kegagalan akan terus membayangi setiap saat. Rintangan yang muncul dalam meraih tujuan Anda akan selalu ada. Celakanya, banyaknya rintangan yang dihadapi ini, membuat seseorang berpikir untuk menyerah apa yang mereka akan sasar dan memutuskan untuk berhenti di tengah jalan. Padahal, kalau niatnya ingin sukses, maka rintangan ini harus ditaklukkkan.

mistake-876597_640

Rasa takut akan gagalan memang wajar dirasakan setiap orang. Namun jika rasa takut tersebut terus menerus mengalahkan Anda, maka Anda tidak akan maju-maju. Terbiasa dikalahkan rasa takut membuat Anda tidak akan meraih tujuan Anda. Dikalahkan oleh rasa takut ternyata bukan hanya satu kebiasaan yang membuat seseorang menjadi gagal. Terdapat beberapa kebiasaan lain yang ternyata bisa mengarahkan pada kegagalan. Apa sajakah kebiasaan tersebut dan bagaimana solusinya? Berikut pemaparannya.

1) Berencana untuk gagal

Anda akan berhasil mencapai tujuan Anda jika Anda memiliki rencana. Rencana yang Anda susun tidak harus sempurna namun pastikan tujuan Anda tercapai. Pikirkan apa yang ingin Anda raih dan buatlah rencana untuk meraihnya. Rencana yang Anda susun harus spesifik, dapat diukur dan memiliki tenggat waktu. Jangan membuat rencana yang tidak jelas karena jika itu Anda lakukan Anda akan cenderung menundanya.

Baca juga: Belajar Berdamai dengan Kegagalan dari Seorang Innovator

2) Takut untuk mencoba

Anda akan maju jika Anda berani untuk melangkah. Kalahkan rasa takut Anda akan kegagalan dan beranikan diri untuk melangkah. Ambillah langkah yang sederhana terlebih dahulu baru melaju ke langkah berikutnya. Tony Robbins mengatakan bahwa tidak masalah jika Anda melakukan banyak kesalahan ataupun memiliki progress yang lambat, namun setidaknya Anda masih selangkah lebih maju dibandingkan mereka yang tidak berani mencoba.

3) Menyerah terlalu dini

Kebanyakan orang menyerah terlalu dini dalam meraih tujuan yang mereka inginkan. Thomas Alva Edison harus gagal ribuan kali untuk menciptakan bola lampu yang saat ini kita gunakan. Perlu Anda ingat bahwa setiap orang sukses memiliki kisah mengenai kegigihan mereka.

Baca juga: 3 Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kegagalan

4) Tidak yakin dengan diri sendiri

Jika Anda sendiri tidak yakin dengan diri Anda, jangan heran jika suatu saat Anda akan menyerah. Jika Anda tidak memiliki alasan untuk meyakini bahwa Anda mampu, tujuan yang ingin Anda raih pun akan sia-sia. Mindset Anda memiliki pengaruh besar pada usaha yang Anda lakukan. Jika Anda melihat sedikit saja ada kemungkinan gagal, tidak heran Anda pun akan mundur perlahan. Kemajuan Anda bergantung pada seberapa takut Anda dapat mengatasi kegagalan dan bangkit kembali.

5) Terlalu banyak alasan

Terlalu banyak alasan membuat Anda kehilangan kekuatan Anda sendiri. Setiap orang yang terlalu banyak alasan sebenarnya karena mereka takut pada hal yang tidak jelas. Semua orang takut dengan perubahan, penolakan dan keadaan yang memalukan. Hal inilah yang membuat seseorang terjebak dalam ‘comfort zone’ mereka. Berhentilah membuat alasan dan belajarlah untuk menghapus ketakutan Anda. Lihatlah apa yang Anda takutkan sebagai tantangan, jadikan pelajaran untuk melakukan yang lebih baik, dan teruslah maju ke depan. Rasa takut akan kegagalan selalu dirasakan oleh setiap orang. Namun hanya orang yang mampu mengalahkan rasa takut merekalah yang akan maju ke depan dan bersinar. (*)