Sempatkan Melakukan 3 Hal ini Agar Lebih Sukses dalam Bisnis

glasses-272399_640

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh entrepreneur untuk membuat bisnisnya semakin baik dan berkembang. Seperti misalnya mendedikasikan waktunya untuk terus belajar, mengembangkan orang lain yang memiliki potensi besar dan juga menjadi lebih jujur pada diri sendiri. Seorang pengusaha bernama Dennis O’Donnell, yang merupakan Co-founder dari PAW5 dan Clear-Coat melalui fortune.com mengaku bahwa 3 (tiga) berikut ini membuat dirinya menjadi lebih baik.

1. Mendedikasikan waktu untuk terus belajar

Sebagai seorang pebisnis baru yang telah meraih kesuksesan dengan bisnis Anda, biasanya akan terselip pemikiran bahwa Anda telah menguasai semua ilmu dalam bisnis sehingga tidak ada lagi yang perlu dipelajari. Padahal pemikiran ini tidaklah benar. Justru ketika Anda berada titik kesuksesan, saat itulah Anda harus belajar lebih banyak lagi.

glasses-272399_640

Menambah wawasan dapat dilakukan di tengah kesibukan Anda sebagai pebisnis. Salah satu di antaranya adalah dengan menghadiri seminar-seminar atau webinar yang diselenggarakan oleh komunias-komunitas entrepreneur. Selain itu, Anda juga dapat membaca buku-buku biografi atau buku tentang bisnis yang direkomendasikan tokoh sukses idola Anda.

Pembelajaran yang kita lakukan juga tidak melulu mengenai produk atau pemasaran melainkan juga tentang cara menangani karyawan. Penanganan karyawan yang tepat akan membuat mereka bahagia. Bahkan dengan membuat karyawan bahagia, kita juga semakin bahagia.

Dennis mengatakan bahwa dengan menjadi orang yang sosial, bertemu banyak orang, dia menjadi lebih baik. Lebih mampu menemukan passion-nya dalam bekerja sehingga ia dapat menciptakan inovasi. Menggali dan mempertajam visi dan misi perusahaan.

2. Mengembangkan orang-orang yang berpotensi

Adakalanya pemahaman “I can do it better” menjadi layaknya pisau bermata dua. Di satu sisi, hal tersebut membuat kita bangkit dan memulai bisnis yang kita inginkan dengan penuh semangat. Di sisi lain, pemahaman tersebut justru mendorong kita melakukan segala sesuatu sendirian atau ‘one man show‘.

Dengan begitu, kita menjadi terlalu fokus pada diri sendiri sehingga tidak berkembang karena tidak mendengarkan orang lain. Lalu bagaimana caranya agar kita untuk keluar dari zona tersebut?

Satu hal yang dapat kita coba adalah dengan memilih talent yang Anda anggap berpotensi untuk Anda kembangkan. Anda dapat membantu Itersebut meraih target tertentu yang berhubungan dengan passion-nya.

Menumbuhkan orang lain pada dasarnya juga memberikan kita peluang untuk menggeluti lebih intensif hal-hal yang kita sukai. Dan yang lebih penting, dengan berbagai ilmu, kita juga belajar lagi.

3. Lebih jujur pada diri sendiri

Kalimat ini mungkin terlihat seperti common sense, klise di mana semua orang tentunya paham akan hal ini. Akan tetapi apabila kita mendalami lagi, kita sering kali lalai dengan merasa bahwa ide kita adalah ide terbaik, ide yang paling pas untuk diimplementasikan ketika menjalankan bisnis. Meskipun kadang logika kita mengatakan bahwa ide kita bukanlah yang tepat, tetapi perasaan kita menyuruh kita untuk menjalankan saja ide tersebut.

Mulai sekarang, cobalah untuk tidak selalu mendahulukan “perasaan” tetapi juga logika berdasarkan situasi di lapangan. Kata hati memang bukan sesuatu yang buruk, tetapi bukan berarti kita harus selalu memperturutkannya tanpa mempertimbangkan analisis logis dan situasi real bisnis yang kita sedang hadapi. (*)