Raih Kepercayaan Dengan 5 Bahasa Tubuh Ini

Bahasa tubuh atau body language, seharusnya menjadi sesuatu yang berguna untuk Anda saat behubungan dengan orang lain, bukan sebaliknya. Bahkan seandainya pembicaraan tidak dilakukan secara perseorangan, tetapi pada suatu forum, penguasaan Anda terhadap diri Anda sendiri berdampak pada koneksi yang terbangun terhadap lawan bicara. Oleh karena itu ketika Anda sedang dihadapkan pada pembicaraan yang penting, ingatlah beberapa bahasa tubuh berikut yang dapat membantu Anda untuk menggaet kepercayaan orang lain:

1. Menaikkan alis mata dan menyimak

Mata Anda dapat mendistraksi fokus Anda. Ketika lawan biacara Anda sedang bicara dan Anda menatap celana Anda sambil mengambil sisa benang atau bahkan menatap ke pintu keluar, orang di depan Anda akan menyimpulkan bahwa pikiran Anda berada di suatu tempat yang lain. Oleh karena itu, jika pembicaraan Anda adalah satu hal yang penting, maka mulailah dengan memanfaatkan mata Anda. Selama berbincang-bincang, buatlah kontak mata yang solid. Kemudian, sesekali mengangguklah dan naikkan alis mata Anda ketika sedang mendengarkan. Dengan begitu, Anda akan terlihat menyimak dan tertarik.

Baca juga: 5 Sikap Profesional yang Mendatangkan Respect

2. Perhatikan lengan Anda

Beri perhatian khusus pada tangan Anda. Ketika Anda menempatkan mereka di belakang tubuh Anda, akan muncul kesan megah, layaknya raja tetapi tidak ada kedekatan. Kemudian jika Anda bersedekap ketika bebicara, kesan yang ditimbulkan adalah adanya ancaman dari Anda. Untuk berbicara layaknya seorang pemimpin, lengan sebaiknya dibiarkan di depan, rileks dan terbuka. Bisa juga kita menaruh tangan kita di meja dalam posisi saling menggenggam antara kiri dan kanan. Pose ini akan membuat Anda terlihat fokus, nyaman dan menarik.

3. Tegak dan bangga

Ketika Anda berbicara sambil berdiri, pastikan Anda berdiri dengan tegak. Perhatikan pundak Anda. Apabila pundak sejajar dengan jempol kaki, maka tubuh kita akan melengkung membentuk huruf “C”. Pose ini mengesankan bahwa Anda sedang tidak merasa nyaman dengan diri sendiri dan membuat orang lain tidak tertarik. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, pastikan bahwa pundak Anda sejajar dengan panggul, arahkan jempol kaki Anda ke arah posisi lawan bicara, bukan ke pintu atau arah lain. Anda juga bisa melakukan latihan dengan mencoba pose seorang superhero, yakni berdiri dengan tangan direntangkan ke atas membentuk huruf “V” dan kaki berbentuk huruf “A”.

4. Bercermin dari lawan bicara

Bagaimana posisi lawan bicara Anda? Jika ia berdiri, maka ikutlah berdiri, jika ia duduk, sebaiknya Anda juga ikut duduk. Mengimbangi dan meniru sikap lawan bicara membantu mengurangi ketegangan dan membuat Anda terhubung dengan mereka. Oleh karena itu, selaraskan sikap Anda dengan lawan bicara ketika sedang berdiskusi penting.

5. Jangan lupa untuk tersenyum

Senyuman akan membuat orang-orang di sekitar Anda merasa nyaman. Dengan tersenyum Anda pun menunjukkan keramahan kepada lawan bicara. Tersenyum pun mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda sehingga melancarkan diskusi Anda dengan klien.

Baca juga: Ingin Sukses? Bersikaplah Layaknya orang Sukses 

Tags: , ,