Piala Dunia vs Produktivitas

Piala Dunia sudah mulai. Alasan terlambat sampai kantor karena menonton pertandingan pun tidak akan asing terdengar di telinga Anda. Lalu, bagaimana menjaga produktivitas agar tetap baik selama bulan piala dunia ini? Inc.com memberikan pemaparannya untuk Anda.

Tak usah berlebihan. Sebagai bos Anda tidak perlu marah-marah dan berteriak setiap melihat team Anda mengecek skor pertandingan. Sekali-sekali mengecek skor di smartphone adalah sesuatu yang wajar. Tak perlu juga mengancam karyawan Anda soal tidak masuk dengan alasan sakit setelah bergadang menonton bola dan mencari-cari untuk menangkap basah yang melakukan hal tersebut.

Baca juga: Berselancar di Web Meningkatkan Produktivitas

Pasang informasi skor. Tunjuklah salah seorang karyawan untuk memberitahu yang lain tentang skor, serta siapa yang kalah dan menang. Bila mereka tahu ada informasi seperti ini, akan berkurang keinginan untuk mengecek terus menerus.

Tidak apa-apa untuk sedikit lebih fleksibel daripada biasanya. Perusahaan konsultan di Inggris, ACAS, menyarankan perusahaan untuk membiarkan pekerja mereka memanfaatkan pergantian shift atau hal apapun untuk membuat pekerja tidak merasa terbebani saat harus menonton pertandingan tim favorit mereka dan tetap harus menyelesaikan pekerjaan mereka. Namun perusahaan juga perlu memperhatikan mereka yang memanfaatkan jatah libur karena kesiangan akibat menonton pertandingan malamnya.

Jangan lupakan kinerja sebelumnya. Jika karyawan terbaik Anda tiba-tiba sibuk mengecek skor pertandingan atau membahas sibuk membahas pertandingan semalam dengan rekannya, Anda tidak perlu kecewa. Anda perlu menyadari bahwa hal ini akan segera berakhir. Anda perlu untuk meng-encourage mereka untuk tetap menampilkan performa kerja yang maksimal meskipun mereka penasaran dengan hasil pertandingan semalam atau keesokan harinya.

Tontonlah beberapa pertandingan. Anda bisa membuat sesi nobar, atau nonton bareng di kantor. Memesan pizza dan soda untuk teman nonton adalah hal yang sah untuk dilakukan. Jika tim yang mereka dukung kalah sekalipun, yakinlah bahwa keesokan harinya mereka akan tetap datang ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Tetap jaga kinerja. Walaupun Anda lebih santai dan fleksibel, bukan berarti kinerja boleh menurun.

Menerapkan kebijakan cuti yang sudah ada. Kebijakan kantor perlu tetap ditegakkan selama piala dunia. Jika ada karyawan yang izin sakit memerlukan surat dokter, mintalah pada mereka. Jika kabar sakit hanya perlu diberikan lewat telepon, maka terimalah. Anda perlu mempercayai mereka, yakinlah bahwa mereka sudah cukup dewasa untuk bertanggung jawab atas setiap pernyataan yang mereka keluarkan.

Anda yang menentukan. Pemimpinlah yang menentukan kapan waktu main-main dan kapan waktu sibuk. Jika Anda berpikir positif dan tetap bekerja, maka karyawan Anda pun akan melakukan hal yang sama. Ketika Anda mulai marah-marah karena tugas mereka yang belum selesai, yakinlah, baik hal itu positif maupun negatif, akan tetap berlangsung meskipun piala dunia berakhir.

Baca juga: Agar Meeting Tidak Membunuh Produktivitas

Tags: , ,