Persiapkan Jawaban Interview agar Tidak Menjawab Seperti Robot

Ketika menghadapi suatu interview, Anda pasti sudah mempersiapkan diri Anda. Anda sudah memprediksi pertanyaan apa yang akan diberikan kepada Anda dan Anda pun sudah mempersiapkan jawabannya. Anda melatih diri Anda agar tetap tenang saat menjawab pertanyaan. Pada hari-H interview ternyata pertanyaan yang ditanyakan pada Anda sesuai dengan prediksi Anda. Anda pun menjawabnya seperti apa yang sudah Anda latih. Bukannya terlihat baik, justru Anda malah terdengar seperti robot. Lalu, bagaimana caranya agar dapat menjawab pertanyaan interview tanpa terdengar seperti robot? The Muse memberikan pemaparannya bagi Anda.

1. Mempersiapkan diri, namun tidak menghafal

Menyiapkan diri untuk menjawab pertanyaan bukan berarti Anda harus menghafal pertanyaan dan jawaban yang sekiranya akan diutarakan. Akan lebih baik jika Anda membungkus bagaimana kisah perjalanan karir Anda dalam kalimat yang lebih singkat daripada terus-terusan melatih jawaban yang sama.

Baca juga: 3 Cara Mengakhiri Jawaban saat Wawancara

2. Passionate, Interested and Engaged

Ini merupakan tiga hal yang membuat Anda terlihat orisinil. Jawaban yang tepat tidak akan berarti apa-apa jika Anda tidak benar-benar mengutarakannya dari hati Anda, tertarik dengan apa yang sedang ditanyakan dan mengetahui dengan betul apa yang Anda utarakan. Jika Anda mampu menguasai ini, maka Anda bisa menjadi kandidat yang dipertimbangkan.

3. Lakukan jeda

Kuantitas tidak selamanya menggambarkan kualitas. Jika Anda tidak tahu jawaban yang pertanyaan yang diberikan, jangan mencoba menutupinya dengan kata-kata yang tidak ada hubungannya. Anda bisa terdiam sejenak untuk memikirkan jawabannya. Jika Anda tidak memahami maksud dari pertanyaan tersebut Anda bisa melakukan klarifikasi agar lebih jelas.

4. Latihan

Practice makes perfect. Namun perlu Anda ingat bahwa Anda tidak akan menjadi sempurna dalam proses interview. Namun setidaknya Anda harus memberikan yang terbaik. Cobalah berlatih dengan rekan atau anggota keluarga Anda. Berikan mereka pertanyaan yang sekiranya akan ditanyakan. Setelah latihan tersebut, mintalah feedback dari mereka. Bagaimana menurut mereka, bahasa tubuh Anda, kontak mata yang Anda lakukan dan sebagainya. Akan lebih baik jika Anda merekamnya dan menontonnya sendiri untuk melihat bagaimana diri Anda saat interview. Dari situ Anda pun bisa menilai diri Anda sendiri.

Baca juga: Infografik: Apa yang harus dilakukan Sebelum, Saat, dan Setelah Wawancara

Tags: ,