Peraturan tentang Komunikasi dalam Tim

Sepertinya setiap tim membutuhkan peraturan mengenai komunikasi yang harus disepakati bersama. Kenyataannya, kesepakatan ini akan dapat membuat suatu tim bekerja bersama dengan lebih efektif dan efisien. Apa saja hal tersebut? Management Issues memberikan pemaparannya untuk Anda.

Hal kecil yang berdampak besar.

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk mengirimkan pesan instan namun tidak mendapatkan balasan secara instan? Terkadang hal ini terjadi karena si penerima pesan tidak memiliki waktu untuk membalas ataupun membaca pesan instan tersebut. Solusinya adalah dengan memberikan notifikasi status. Kurang dari satu menit untuk menuliskan status, “back in the office in an hour,” akan dapat membuat orang lain tidak menghabiskan waktu dengan sia-sia menunggu pesan instannya terbalas, apalagi jika ini menyangkut progress yang cukup signifikan atas project yang Anda jalankan.

Baca juga: 7 Tips Mengelola Tim Kreatif

Cari tahu bagaimana gaya kerja rekan satu tim.

Jika Anda bekerja sama dengan orang lain yang berbeda zona waktu, maka waktu adalah masalah utamanya. Anda perlu tahu bagaimana cara orang lain bekerja, cara mereka memulai dan menyelesaikan pekerjaan mereka dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda memahami gaya kerja rekan Anda dan bagaimana menyesuaikan gaya bekerja Anda dengan gaya bekerja mereka.

Tentukanlah target merespons pesan.

Berapa lama biasanya Anda menunggu balasan email dari rekan kerja Anda? Sepuluh menit? Setengah jam? Atau mungkin satu jam? Mungkin Anda bisa menentukan berapa lama email harus dibalas. Antara 10-15 menit mungkin bisa Anda jadikan panduan. Tujuannya tidak lain tidak bukan adalah mengefektifkan waktu.

Jika Anda belum memiliki waktu untuk sekedar diskusi dengan rekan satu tim Anda, maka mulai sekarang mungkin Anda bisa menyiapkan waktu untuk hal itu. Tanyalah seputar progress yang mereka kerjakan, apakah ada masalah ataukah tidak, Anda bisa membantu ataukah tidak, dan sebagainya. Sebagai tim Anda perlu bekerja sama dengan baik, salah satu caranya adalah melalui komunikasi.

Baca juga: 12 Tips Sederhana Membangun Tim Fenomenal

Tags: , ,