Pentingnya Sarapan Sebelum Memulai Aktivitas

Siapa yang sering sarapan? Mungkin tidak sedikit dari Anda yang melewatkan waktu sarapan untuk memulai hari Anda. Entah karena tidak sempat, terlalu sibuk melakukan aktivitas di pagi hari dan sebagainya. Padahal sarapan merupakan the most important meal of the day. Maka dari itu sarapan menjadi penting untuk dilakukan.

Seperti yang dilansir dari Inc.com, terdapat beberapa manfaat sarapan bagi tubuh. Sarapan dapat mencegah kenaikan berat badan, meningkatkan memori jangka pendek, penting bagi Anda yang mudah lupa, menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2, dan bahkan membuat diri kita lebih bahagia pada hari itu.

Apa saja sebenarnya makanan yang cocok dimakan ketika sarapan? Ruth Frechman, seorang nutrisionis dan pengarang buku The Food is My Friend, menjelaskannya untuk Anda. “Secara keseluruhan, sarapan sehat terdiri atas protein, buah-buahan, biji-bijian atau sayuran,” ungkap Frechman. Tentu saja Anda ingin setidaknya tiga dari bahan tersebut berada dalam satu menu sarapan Anda, tambah Frechman.

Lalu, bagaimana dengan porsinya? “Porsi makan setiap individu berbeda, bergantung pada usia, aktivitas dan tujuan dietnya. Namun sebagai panduan secara general, sarapan Anda setidaknya berisi 25% protein, 25% karbohidrat dan 50% buah dan sayuran,” ungkap Frechman.

Frechman menambahkan bahwa sarapan merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan, namun ia menyarankan Anda untuk menunggu sampai Anda merasa lapar. “Karena jika Anda memaksa untuk makan pada pukul 7 pagi ketika Anda belum merasa lapar, maka itu merupakan salah satu sebab berat badan Anda naik,”ungkap Frechman.

Anda sudah tahu betapa pentingnya sarapan bagi tubuh Anda, makanan apa yang cocok disantap ketika sarapan dan porsinya. Namun bagaimana dengan menu untuk sarapan? Frechman juga memberikannya untuk Anda. Berikut beberapa jenis sarapan yang cocok untuk memulai hari besar Anda.

Baca juga: Alasan Mengapa Anda Harus Berhenti Ngopi di Pagi Hari

1. Telur

Satu butir telur berisi 70 kalori dan 6 gram protein. Dan perlu Anda ingat juga bahwa kuning telur memiliki berbagai macam nutrisi, yakni lutein, vitamin yang mencegah terkena penyakit mata.

2. Roti Gandum, Sereal atau Oatmeal

Anda ingin tetap berenergi seharian? Makanlah sereal gandum dan oatmeal saat sarapan. Meskipun hanya 5 gram, sereal gandum dan oatmeal dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol, menurut Lisa Moskovitz, pemilik website Your New York Dietians.

3. Selai Kacang

Roti dengan selai kacang ditambah dengan koran pagi sepertinya hal baik untuk memulai hari. “Terdapat 8 gram protein dalam dua sendok makan selai kacang.  Ini sama halnya dengan 20% asupan gizi harian yang dibutuhkan oleh wanita dan pria dewasa,” ungkap Frechman. “Ini juga membantu untuk meregulasi kadar gula darah,” tambahnya.

4. Buah-buahan

“Tidak ada buah yang tidak sehat,” begitu kata Frechman. Anda dapat mencampur beberapa jenis buah untuk mendapatkan nutrisi yang berbeda. Misalnya Anda dapat mencamput blueberry, yang kaya antioksidan dan jeruk yang kaya vitamin C. Jika Anda terburu-buru, Anda bisa mengkonsumsi pisang sebagai menu sarapan Anda.

5. Yoghurt

Tahukah Anda? Bahwa 6 ons yoghurt berisi protein yang sama dengan daging. Jika Anda memiliki diabetes atau sedang mengontrol asupan kalori Anda, Frechman merekomendasikan plain, nonfat atau low-fat yoghurt sebagai menu sarapan Anda.

6. Smoothie

Anda pecinta buah dan yoghurt? Mungkin Anda bisa mencoba smoothie untuk sarapan Anda. Menurut Frechman, smoothie merupakan sarapan komplit yang mudah. Sedikit yoghurt untuk protein dan buah segar sebagai pemanis, mungkin bisa jadi awal yang baik untuk hari besar Anda.

7. Jus

Jus merupakan salah satu cara lain untuk menikmati buah. Namun pilihlah yang benar-benar 100% jus buah, atau mungkin Anda akan merasakan gula tambahan di dalam jus Anda.

8. Kopi

Untuk Anda pecinta kopi, Anda tidak perlu khawatir. Meskipun banyak penelitian yang mengatakan kopi tidak baik untuk sarapan, namun hasil studi jangka panjang medis sekarang mendukung minuman berkafein ini. Selama Anda tidak mengkonsumsi empat cangkir dalam sehari, tidak ada yang salah dengan mengkonsumsi kopi.

Baca juga: Buatlah Kopimu Sendiri: Tips Tenang di Tempat Kerja

 

 

Tags: ,