Pencurian Ide Hanya Terjadi di Pikiran Anda

Pernahkah Anda merasa bahwa ketika Anda memiliki ide, Anda malah menyimpannya sendiri karena takut ide Anda dicuri orang lain? Padahal hal ini jarang sekali terjadi di dunia kerja. Meskipun hal ini terjadi, bukan berarti kesuksesan Anda pun akan terhambat.

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Academy Management Journal, ditemukan bahwa menyimpan ide sendiri tidak akan membuat Anda mendapatkan kesuksesan lebih baik dibandingkan yang lain.  Nyatanya, hal ini hanya akan menyebabkan iklim perseteruan di kantor.

Peneliti menemukan bahwa pencurian ide terjadi lebih jarang dibandingkan yang Anda pikirkan. Rekan kerja Anda belum tentu mampu membuat ide tersebut secemerlang yang Anda buat. Hal yang lebih penting yang perlu Anda ketahui, menyimpan ide sendiri tidak akan membuat Anda menjadi pemenang, justru malah mengarahkan Anda kepada kekalahan, bagaimana pun lingkungan kerja tempat Anda berada.

Baca juga: 11 Ide Benefit dari 11 Perusahaan Terbaik

Misalnya, jika Anda bekerja di perusahaan yang beriklim kompetitif, mungkin Anda akan berpikir bahwa menyimpan ide akan membuat Anda terlihat lebih baik daripada yang lain. Namun perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda harapkan. Membagi ide pada rekan Anda akan membuat Anda mendapatkan feedback atas ide Anda tersebut dan tidak akan membuat atasan Anda bersusah payah mencari ide karena Anda sudah memilikinya, berikut seperti yang diungkapkan Matej Cerne, salah satu penulis jurnal tersebut. Di sisi lain, jika Anda bekerja di perusahaan yang beriklim kolaborasi dan kerja sama, jika Anda menyimpan ide untuk Anda sendiri maka akan membuat Anda tidak terlihat sebagai anggota dalam tim.

Pada akhirnya, Anda perlu untuk membagi ide Anda pada orang lain, dan yakinlah bahwa tidak ada seorangpun yang akan mencurinya. Alangkah lebih baiknya jika ketika Anda memiliki ide, Anda bisa membaginya dengan orang lain dan menanyakan pendapat mereka. Dengan begitu Anda bisa brainstorm bersama, dan akan menemukan ide yang lebih baik dibandingkan apa yang sudah Anda pikirkan.

Baca juga: 9 Ide Memotivasi Karyawan

Tags: