Orang Hebat Menghilangkan 10 Kebiasaan Buruk Ini

hand

Dalam kehidupan sehari-hari, baik itu personal maupun professional, kerap kali kita dihadapkan pada masa-masa sulit yang membuat kita ingin menyerah. Di dunia karir misalnya. kita tiba-tiba difitnah teman sekantor, hasil assessment jauh dari memuaskan atau bahkan kita dipecat dari tempat kerja.

 

hand

Sulit sekali rasanya untuk bangkit dan kembali merajut mimpi yang ingin kita raih. Namun, semestinya, jangan biarkan rasa galau atau gelisah tersebut ‘menyandera’ kita terlalu lama. Karena waktu terus berjalan dan kita akan jauh tertinggal.

Lolly Daskal, kontributor inc.com, memberikan gambaran tentang sepuluh kebisaan yang harus kita buang jauh-jauh jika kita ingin mengubah kesialan menjadi keberuntungan. Mendorong diri sendiri untuk menjadi orang yang sukses dan tidak tenggelam dalam kegagalan. Berikut adalah 10 kebiasaan yang dibuang jauh-jauh oleh orang-orang sukses di dunia.

1. Hindari “bermain aman”

Tidak ada seorang pun yang bisa sukses dalam hidupnya dengan hanya bermain di zona aman. Dan ironisnya, di tengah pekembangan peradaban dunia yang pesat ini, bermain aman adalah hal yang paling berisiko. Untuk kembali bangkit dari masa represi, satu-satunya pilihan yang Anda miliki adalah mengedepankan keberanian. Jika Anda terus bermain di zona aman, bersiaplah untuk tidak pernah berkembang sama sekali.

Baca juga: Miliki 5 Kebiasaan Ini untuk Menjadi Pemimpin yang Sukses

2. Orang yang sukses menghilangkan self-doubt

Pada dasarnya, setiap orang pernah mengalami perasaan di mana mereka ragu pada diri sendiri. Hanya saja, akan buruk akibatnya apabila perasaan seperti ini terus dipelihara. Jika perasaan tersebut muncul, ubah mindset Anda dengan cara mengingat kembali pengalaman-pengalaman yang telah Anda dapatkan, sejauh mana Anda telah melangkah, pencapaian yang pernah Anda raih dan situasi seperti apa yang harus Anda hadapi saat ini. Intinya, jangan pernah biarkan keraguan mendominasi alam pikiran Anda.

3. Sering bingung

JIka ada hal yang tidak berjalan sesuai rencana atau bahkan gagal sama sekali, berarti memang ada sesuatu yang perlu Anda pelajari. Oleh karena itu, jangan terpaku untuk mengerjakan tugas tersebut dengan cara yang sama terus menerus. Cari cara baru dan cobalah beberapa pendekatan yang berbeda.

4. Orang sukses tidak menghakimi diri sendiri

Menghakimi siapa pun, terlebih lagi diri sendiri, dengan cacian yang kasar atau terlalu kritis justru mengurangi produktivitas. Jika Anda merasa bahwa orang lain sedang menghakimi Anda, maka pastikan bahwa Anda mendengar kata hati Anda sendiri. Perlakukan diri sendiri dengan kasih sayang dan kepedulian seperti Anda memperlakukan orang lain.

5. Hilangkan rasa kecewa

Tidak ada hal berharga yang dapat diperoleh dengan cara yang mudah. Justru biasanya, semakin berat perjuangan yang harus kita lakukan, semakin memuaskan hasil yang kita dapat apabila kita bisa meraihnya.

Baca juga: Mau Sukses? Cek Apa yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Sarapan

6. Jangan pernah mau dikontrol oleh orang lain

Adakalanya kita tergoda untuk membiarkan orang lain mengambil keputusan untuk hidup kita, terlebih saat kita sedang merasa keluar jalur. Namun jika ini terjadi, sebetulnya hanya akan menimbulkan permasalahan yang lebih besar. Berpedomanlah pada passion Anda untuk melangkah dan mengambil keputusan dan menuju kesuksesan.

7. Jangan terpaku pada kegagalan

Merelakan sesuatu untuk dilepas dari target kita bukan berarti menyerah. Hal itu juga bisa dimaknai bahwa ada hal-hal yang memang tidak seharusnya berada di dalam mimpi kita. Melepaskan adalah tentang Anda menjadi lebih kuat, bahagia dan sukses di masa depan.

8. Jangan mudah terpeleset

Saat Anda menginginkan sesuatu, fokuslah pada apa yang ingin Anda raih. Jangan mudah tergoda dengan hal-hal lain yang terlihat menarik tetapi sebetulnya justru menjauhkan kita dari mimpi yang sesungguhnya.

9. Orang yang sukses menghilangkan pemikiran negatif

Positif thinking berarti percaya bahwa apapun yang terjadi adalah yang terbaik yang bisa kita terima. Meskipun misalnya hal buruk terjadi, kita masih bisa menganggap itu sebagai ajang pembelajaran. Selanjutnya di lain kesempatan, kita bisa melakukan yang lebih baik dari itu.

10. Orang sukses menghindari sikap ingin sempurna

Kita selalu memiliki dua pilihan, untuk bermalas-malasan dan tidak melakukan apapun atau bergerak untuk meraih mimpi kita. Mulai dengan melakukan sesuatu yang kecil, dan jangan berharap kesempurnaan. Bahkan seandainya yang kita coba belum searah dengan mimpi kita, tetaplah bangkit dan melangkah. Ingatlah bahwa ketika kita berada di jalur yang salah, orang-orang yang hebat di sekeliling kita bisa memberikan gambaran kebiasaan hebat yang bisa kita contoh satu atau dua. (*)