Mengunyah Permen Karet Bisa Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

candy-760428_640

Jika Anda merasa sulit untuk konsentrasi saat sedang bekerja, salah satu langkah antisipasinya bisa dicoba dengan menyiapkan setoples permen karet di meja kerja Anda. Hal ini berhubungan dengan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Psychology pada tahun 2013, seperti ditulis scientificamericancom, yang menemukan fakta bahwa mengunyah permen karet ternyata dapat meningkatkan konsentrasi seseorang.

candy-760428_640

(Sumber image:  pixabaycom)

Penelitian ini dilakukan terhadap 20 orang partisipan. Partisipan penelitian tersebut kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok tersebut kemudian diberikan kesempatan untuk mendengarkan rekaman selama 30 menit yang berisi mengenai urutan angka-angka. Setelah mendengarkan, partisipan kemudian diminta untuk mengingat urutan angka-angka tersebut. Salah satu kelompok mendengarkan rekaman sambil mengunyah permen karet, sedangkan kelompok lainnya tidak.

Baca juga: Sulit Konsentrasi di Tempat Kerja? Ini Caranya

Hasilnya kelompok yang mendengarkan rekaman sambil mengunyah permen karet ternyata menyebutkan urutan angka lebih akurat dan lebih cepat bereaksi dibandingkan kelompok yang tidak mengunyah permen karet. Selain itu mengunyah permen karet ternyata juga membantu fokus dalam proses penelitian tersebut.

Baca juga: Mengganggu Konsentrasi Kerja Orang Lain, Jadi Masalah Besar di Kantor

Para peneliti menyatakan bahwa mengunyah permen karet ternyata meningkatkan aliran oksigen pada bagian otak yang bertanggung jawab atas pemusatan perhatian. Semakin banyak oksigen maka akan membuat seseorang lebih siaga dan meningkatkan refleks. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berpura-pura mengunyah permen karet ternyata tidak memberikan efek yang sama.

Jadi, tidak ada salahnya menyiapkan permen karet di meja kerja Anda, untuk jaga-jaga sekiranya Anda mulai kehilangan konsentrasi saat bekerja. Namun demikian, tetap perhatikan etiket yang berlaku di kantor Anda masing-masing. (*)