Mencari Kerja Lewat Jejaring Sosial

Anda penggila sosmed? Mungkin Anda sangat tidak asing dengan Twitter, Facebook, Pinterest, Tumblr dan LinkedIn. Daripada hanya sekedar update status atau mengomentari postingan orang lain, mungkin Anda bisa mulai mencari peluang kerja lewat sosmed. Berikut beberapa jejaring sosial media yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari lowongan pekerjaan, seperti yang dikutip dari Mashable.com.

1. Twitter

Mungkin Twitter hanya bisa menulis 140 karakter, namun lowongan pekerjaan yang bisa ditemukan via Twitter dapat beberapa kali lipat dari itu. Anda bisa memanfaatkan fitur Search dan Hashtags untuk mencari lowongan pekerjaan. Melalui fitur Search Anda bisa mencari pekerjaan dengan mengetikkan kata kunci “jobs” ataupun “hiring.” Bisa juga ditambahkan kata-kata lain yang lebih spesifik seperti ”writer” ataupun “New York City.” Dengan fitur hashtag seperti “#jobs”ataupun “#hiring,” Anda akan menemukan tweet dari mereka yang mencari pekerjaan. Biasanya akun-akun yang membuka lowongan pekerjaan akan memberikan hashtag tersebut pada tweet mereka. Anda bisa mencoba tips ini dengan menggunakan kata-kata bahasa Indonesia.

Selain mencari, Anda juga bisa memulai dengan nge-tweet. Follow para pebisnis dan orang-orang yang sesuai dengan minat Anda. Jangan sungkan untuk mengirim tweet sewaktu-waktu, namun pastikan terlebih dahulu bahwa akun Twitter Anda cukup professional.

Baca juga: 13 Jenis Foto Profil Twitter Yang Sebaiknya Dihindari

2. Facebook

Melalui fitur like pages, terutama pages perusahaan-perusahaan besar, Anda dapat menemukan lowongan pekerjaan. Dengan me-like pages mereka, maka Anda akan mendapatkan informasi secara berkala dari pages tersebut, termasuk informasi mengenai lowongan pekerjaan. Perhatikan privacy settings akun Anda. Pastikan bahwa work and education dan info public Anda dapat dilihat orang lain. Jangan lupa, update profile Anda secara berkala, terutama bagian work and education.

Tahukah Anda bahwa Facebook baru saja merilis fitur baru mereka, yakni Professional Skills. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk melengkapi profile Facebook Anda agar dilirik para job hunter.

3. LinkedIn

Hmm mungkin terdengar aneh bahwa melalui LinkedIn Anda bisa menemukan lowongan pekerjaan. Karena biasanya LinkedIn dipergunakan untuk memperluas networking. Namun Anda bisa memulai dengan connect kepada orang-orang yang karirnya Anda minati. Anda juga bisa mempergunakan fitur jobs board untuk melihat peluang kerja di setiap bidangnya. Melalui fitur endorsement and recommendation Anda bisa meminta rekan Anda untuk memberikannya sehingga profil Anda menjadi meningkat pengunjungnya.

Menurut Nicole Williams, Career Expert LinkedIn, membagi artikel dengan network Anda akan meningkatkan kesempatan sebesar 10 kali untuk dihubungi dengan recruiter. Ketika Anda membagi sesuatu maka hal ini menunjukan pengetahuan Anda mengenai bidang yang Anda minati. Anda juga harus ingat untuk menuliskan secara detail pengalaman bekerja Anda, tambah Williams.

4. Tumblr

Tumblr biasanya dipenuhi oleh animasi-animasi GIF. namun Anda masih bisa mencari lowongan pekerjaan melalui jejaring sosial yang satu ini. Anda bisa memanfaatkan fitur Tags dengan mengetikkan “hiring“ atau “jobs.” Mungkin akan sedikit sulit namun Anda bisa saja menemukan iklan-iklan perusahaan yang keren melalui Tumblr.

Anda juga bisa memulai untuk Tumbling dengan akun Anda. Postingkan hal-hal yang menarik dan orisinil sehingga para recruiter tertarik dengan akun Anda dan ingin mengetahui kompetensi Anda lebih dalam.

5. Pinterest

Pinterest bukan hanya sekedar sosmed untuk mencari resep masakan dan inspirasi untuk pernikahan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mencari lowongan pekerjaan. Pin CV Anda dalam akun Pinterest Anda. CV Anda akan terlihat berbeda dan lebih hidup. Selain itu, follow juga akun-akun yang berkaitan dengan pekerjaan yang mungkin saja, mereka sedang membuka lowongan pekerjaan.

Baca juga: Facebook, Media Rekrutmen Sosial No 1 Dunia

Tags: ,