Membuat Kesan Pertama Bertahan Lama

“Janganlah buat kesan pertama, tapi buatlah kesan yang bertahan lama.”

Mungkin pernyataan itu kerap kali Anda dengar. Kesan pertama ya memang hanya pertama, dan tidak ada kesempatan kedua untuk melakukannya. Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat suatu opini mengenai seseorang hanya membutuhkan beberapa detik saja, dan hal ini bisa saja bertahan lama.

Karena itu Anda perlu untuk memberikan yang paling baik dari diri Anda untuk membuat kesan pertama yang bertahan lama. Themuse.com memberikan 8 rahasianya untuk membuat kesan pertama yang baik pada orang lain. Berikut pemaparannya.

Baca juga: Jangan Hanya Kesan Pertama, Tetapi yang Bertahan Lama

1. Penelitian menunjukan bahwa seseorang membuat kesan pertama hanya dalam waktu dua detik saja. Manfaatkan lah dua detik yang sangat berharga ini (Inc.)

2. Perhatikan penampilan dan body language Anda. Selain itu cobalah untuk selalu tertarik dengan hal apapun yang dibahas. (Forbes)

3. Beberapa tips yang dipergunakan oleh para petinggi negara untuk tersenyum dan terhubung dengan para audiens adalah cara yang efektif untuk memberikan kesan yang baik. Sebarkan energi yang positif, berusahalah untuk terbuka, dengarkanlah orang lain dan cobalah untuk membantu mereka (Chamber of Commerce)

4. Membuat kesan yang baik, bergantung dari seberapa dapat dipercayanya Anda terlihat. Tahukah Anda bahwa apakah seseorang dapat dipercaya atau tidak dapat terlihat dari caranya mengatakan ‘Halo.’ Pria yang meningkatkan tone suaranya dan wanita yang menyesuaikan pitch suara mereka, dapat dikategorikan dapat dipercaya (Science)

5. Ingatlah untuk tersenyum, mengingat nama orang yang Anda ajak berbincang dan perbincangkan hal yang menjadi ketertarikan rekan berbincang Anda (Elite Daily)

6. Tahukah Anda? Bahwa iklan di televisi hanya membutuhkan 30 detik untuk mempersuasi penontonnya. Prinsip ini dapat Anda aplikasikan dalam hidup Anda ketika bertemu dengan orang baru (HBR)

7. Membuat orang terkesan bukan berarti Anda yang mendominasi percakapan. Penelitian menunjukan bahwa mereka yang mampu mendorong orang lain untuk lebih banyak berbicara akan membuat Anda lebih disukai (The Week)

8. Jika semua cara tersebut gagal, dan Anda memberikan kesan yang buruk, jangan berkecil hati. Mulailah mencari ketertarikan orang lain ajaklah ia berbincang mengenai hal itu, perhatikanlah perbicangan yang Anda jalankan dan buatlah perbincangan Anda menjadi bermakna (Inc.)

Baca juga: Kesan Terbaik, Kunci Sukses Wawancara Kerja

Tags: