Membangun Produktivitas Anda Sendiri

Setiap orang memiliki kondisi produktif yang berbeda-beda. Ada orang yang mungkin dapat produktif saat bekerja di bawah tenggat waktu, ada yang produktif jika bekerjanya santai, ataupun lebih produktif jika bekerja di luar kantor.

Apakah Anda tahu bagaimana kondisi produktif Anda? Jika Anda belum mengetahuinya alangkah lebih baiknya Anda mencari tahu bagaimana kondisi produktif Anda. Anda bisa memulai dengan mananyakan empat pertanyaan ini pada diri Anda sendiri.

1. Di lingkungan mana Anda merasa paling produktif?

Tanpa Anda sadari lingkungan sekitar Anda mempengaruhi produktivitas Anda. Beberapa orang mungkin akan lebih produktif jika bekerja dalam lingkungan yang cenderung sepi dan tidak banyak gangguan. Jika Anda tipe seperti ini, maka Anda harus menghindari tempat seperti coffee shops sebagai tempat alternatif untuk bekerja. Jika Anda berada di ruang kantor, maka pilihlah ruang kerja yang tertutup dibandingkan dengan yang berbagi dengan rekan kerja Anda yang lain.

Ada juga orang yang tidak terganggu dengan suara dari televisi ataupun radio, bahkan mereka mendengarkan musik sambil bekerja. Suara yang terdengar bukannya mengganggu justru malah memompa semangat. Sehingga akan lebih baik jika orang tipe ini bekerja dalam lingkungan yang memiliki suara latar. Pilihlah lingkungan kerja yang cocok dengan Anda. Lingkungan kerja yang tepat akan membuat Anda lebih produktif saat bekerja.

Baca juga: 3 Kebiasaan yang tingkatkan produktivitas

2. Kapan Anda merasa paling produktif?

Setiap orang memiliki ritme produktivitas yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang sangat produktif pada pagi hari, ada juga yang sangat produktif setelah lewat jam makan siang. Ketahuilah kapan waktu Anda sangat produktif. Perhatikanlah selama beberapa hari pada saat kapan Anda merasa produktif. Kapan Anda merasa sangat bersemangat dan sangat fokus. Setelah itu jadikanlah sebagai rutinitas sehingga tubuh Anda dapat menyesuaikan.

3. Bagaimana Anda memprioritaskan suatu pekerjaan?

Lakukan evaluasi terhadap bagaimana Anda mengatur pekerjaan Anda. Ketika semua hal yang harus Anda selesaikan sifatnya saat penting, yang mana yang akan Anda selesaikan terlebih dahulu? Buatlah strategi untuk mengatur prioritas dan mengatut pekerjaan Anda.

Perhatikanlah, tugas mana yang sangat membutuhkan banyak waktu. Selesaikan pekerjaan tersebut pagi hari saat Anda baru datang ke kantor. Tugas lain yang membutuhkan waktu lebih singkat bisa Anda kerjakan siang hari. Hal ini dikarenakan semakin siang, semakin banyak hal yang akan mengganggu Anda. Email yang masuk, undangan meeting dan sebagainya akan lebih menghabiskan waktu Anda.

Tentukanlah tenggat waktu. Untuk proyek yang sifatnya besar, tentukan tenggat waktu paling cepat satu atau dua minggu sebelum tenggat waktu yangsesungguhnya. Hal ini bertujuan untuk membuat Anda tetap sesuai jadwal dan menghindari hal-hal yang tidak terduga. Sedangkan untuk kegiatan sehari-hari, jadwalkan kapan waktunya mengirim email ataupun menerima dan membuat panggilan agar jadwal Anda tidak terganggu.

4. Apakah teknologi membuat Anda fokus atau malah mengganggu?

Pada masa kini semua hal sangat bergantung pada teknologi. Namun kemajuan teknologi ini bisa saja membantu atau mungkin malah mengganggu Anda. Fitur seperti email, notes, agenda dan to-do-list mungkin dapat membantu pekerjaan Anda. Namun notifikasi dari akun jejaring sosial Anda mungkin akan sangat mengganggu. Solusinya, matikan notifikasi akun jejaring sosial Anda selama di kantor. Atau bisa juga Anda membatasi waktu Anda saat mengakses jejaring sosial. Pastikan Anda mematuhinya. Menjauhkan Anda dari gadget mungkin bisa juga sangat efektif untuk membuat Anda tetap produktif.

Baca juga: 4 Tipe Gaya Produktivitas

Tags: