Meeting? Jangan Lupa Membuat Catatan

Richard Branson, pendiri Virgin Air Group melalui virgin.com menyampaikan sebuah pesan penting bahwa membuat catatan adalah kegiatan yang sangat penting. Bahkan, tulisan-tulisan yang kita buat saat ada meeting atau seminar tersebut dapat memudahkan kita untuk menjadikan ide menjadi strategi yang dapat dieksekusi.

Dari pengalamannya selama bertahun-tahun menjadi pengusaha, Richard Branson mengatakan bahwa 99 persen dari orang-orang yang berada di posisi pemimpin, tidak membuat catatan sama sekali.

Di sebuah diskusi tentang gender gap yang melibatkan 30 eksekutif dari berbagai perusahaan, hanya Richard seoranglah yang membuat catatan. Dalam diskusi tersebut dikatakan bahwa pemimpin pria bisa menetralkan gender bias di tempat kerja dengan berani bicara dan meredam partner perempuan. Sedangkan perbincangan juga membawa kesimpulan bahwa perempuan lebih sering membuat catatan karena adanya semacam ekspektasi yang tidak adil yang diberikan kepada perempuan. Perempuan harus mengerjakan tugas-tugas supporting perusahaan dan dituntut untuk menjadi detail.

Baca juga: 10 tipe kepribadian yang dapat mengganggu jalannya meeting

Pada dasarnya, hal tersebut tidak hanya tak adil bagi perempuan, tetapi juga merugikan bagi laki-laki. Sudah saatnya kaum laki-laki memberi perhatian pada bagian support dan administrasi perusahaan. Dengan demikian, tak hanya mereka menetralkan gender bias antara laki-laki dan perempuan, tetapi juga memperoleh pencerahan tentang bagaimana membuat sistem support perusahaan menjadi lebih efektif.

Richard sendiri mengaku bahwa membuat catatan adalah salah satu hal favoritnya sejak dulu. Dia bahkan berkata bahwa tanpa sebuah bolpen dan kertas, dia tidak bisa menjadi seperti sekarang. Beberapa perusahaan dari grup Virgin lahir dari momen-momen random ketika ia menuliskan idenya di atas kertas. Besar atau kecil, komplek atau tidaknya sebuah ide, penting untuk dituangkan ke tulisan. Tetapi, membuat catatan pun adanya seninya. Jangan hanya menulis karena ingin menulis, tetapi tuangkan ide ke dalam kertas kemudian buatlah ide tersebut menjadi actionable (dapat dieksekusi) dan target yang dapat diukur. Jika Anda tidak menuliskan ide-ide tersebut, maka ide tersebut akan hilang dari kepala Anda bahkan sebelum Anda keluar dari ruangan seminar atau meeting.

Nah, bukan berarti kaum laki-laki harus menggantikan peran perempuan membuat catatan, melainkan semua orang harus membuat catatan.

Baca juga: Hal-hal yang harus dilakukan 10 menit sebelum meeting

Tags: