Mau Meeting? Perhatikan Warna Jas Anda

tie-690084_640

Apakah Anda akan bertemu kolega, karyawan atau bahkan klien prioritas Anda, perhatikan apa yang Anda pakai. Dalam situasi bisnis yang cukup keras dewasa ini, pakaian sama pentingnya dengan bahasa tubuh dalam hal berkomunikasi dengan partner bisnis.

Terutama bagi seorang pria, warna setelan jas yang dikenakan pada acara-acara tertentu sangat penting untuk diperhatikan. Seringkali kita tak sadar bahwa warna jas mampu memberikan efek yang dramatis pada penampilan dan citra yang ingin digambarkan dalam bersosialisasi.

tie-690084_640

Seperti dilansir dari bizjournal.com, berikut adalah cara paling efektif untuk menentukan warna jas yang harus dipakai untuk acara-acara tertentu.

  1. Navy (biru tua)

Warna navy atau biru tua adalah warna kekuasaan dan mengonotasikan otoritas. Orang yang memakai warna navy tersirat sebagai orang yang “take charge” atau orang yang bertanggung jawab dari suatu pekerkejaan. Jas warna biru tua sangat cocok untuk dipakai ketika rapat yang sifatnya memulai atau menutup argumentasi, public speaking atau berbicara di depan umum, presentasi penting dan acara-acara di mana Anda ingin terlihat ahli.

  1. Earth tone atau warna bumi

Bagi yang belum pernah mendengar, yang dimaksud warna bumi adalah warna-warna yang mendekati warna tanah, hitam kecokelatan, abu-abu dan krem. Warna ini menyiratkan keinginan untuk membangun hubungan baik. Oleh karena itu, warna ini sangat cocok untuk dipakai dalam meeting antar staff, team building, bertemu klien atau keluarga. Selain itu, warna ini pun akan sangat tepat untuk dipake ketika Anda ingin memberikan kabar buruk kepada lawan bicara Anda.

  1. Biru dan Abu-abu

Warna biru dan abu-abu menyiratkan makna loyalitas dan saling bergantung satu sama lain. Jika Anda bepergian (traveling) atau melakukan kegiatan keluarga, warna ini tepat untuk dijadikan pilihan. Tak hanya itu, warna biru ini juga memberikan kesan bahwa pemakainya memiliki etos kerja yang baik. Oleh karenanya, warna ini cocok dipakai ketika Anda ingin bertemu atasan atau bos dari atasan Anda.

  1. Hitam

Hitam hadir sebagai warna formal paling umum dalam dunia fashion bisnis. Sama halnya dengan navy, warna hitam juga menyiratkan makna “berkuasa”. Pakailah jas berwarna hitam jika Anda ingin mengintimidasi pesaing Anda dalam melakukan bisnis.

  1. Perpaduan hitam dan putih

Kedua warna ini adalah paduan yang sangat serasi untuk dikenakan dalam berpakaian sehari-hari. Tidak ada yang istimewa dengan makna pakaian ini. Hanya saja jas dengan kombinasi hitam putih akan terlihat menarik. Sehingga, bukan tak mungkin lawan bisnis akan melihat Anda sebagai seseorang yang memperhatikan penampilan, khususnya cara berpakaian.

  1. Warna Arang

Warna arang ini memberikan kesan solid atau padat bagai batu besar. Anda dapat memakai jas ini apabila Anda ingin terlihat seperti sebuah poros dalam komunitas sehingga dapat diberikan kepercayaan. Pakaian dengan warna ini sangat cocok untuk dipakai orang-orang dengan profesi finance, seperti financial planner, banker dan akuntan.