Langkah Awal Berkarir di Luar Negeri

Jika bertualang, berkenalan dengan budaya baru dan penasaran memulai sesuatu yang baru di negara baru adalah hal yang Anda sukai, maka bekerja di luar negeri mungkin adalah pilihan yang tepat. Meskipun banyak hal harus kita pertimbangkan, berkarir di luar negeri jelas lebih mudah dibandingkan generasi terdahulu. Teknologi membantu kita melihat peluang di luar negeri.

Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh wikihow.com tentang bagaimana membuka kesempatan berkarir di luar negeri:

1. Meriset negara tujuan. Memutuskan untuk berkarir di luar negeri, salah satu hal yang harus kita pikirkan adalah kelengkapan dokumen imigrasi seperti visa dan passport. Agar lebih siap dengan urusan tersebut, akan lebih baik jika kita melakukan riset mengenai negara yang akan kita tuju. Selain tentang dokumen yang harus disiapkan, informasi tentang budaya, bagaimana orang hidup di sana, biaya hidup atau safety perlu juga kita riset untuk mengetahui apakah pekerjaan kita nantinya akan membuat kita nyaman atau tidak.

2. Menghubungi kedutaan dari negara tujuan. Sebelum ke luar negeri, akan lebih baik jika terlebih dahulu kita memastikan ke kedutaan negara terkait mengenai apa saja yang dibutuhkan jika kita ingin pindah dan bekerja di negara mereka.

3. Memiliki Paspor dan Visa. Pekerjaan tertentu tidak akan mempertimbagkan kita sebagai kandidat apabila kita tidak memiliki kedua dokumen tersebut.

4. Siapkan diri untuk menghadapi security check dan tes fisik. Pemerintah maupun perusahaan di negara tertentu menginginkan kejelasan latar belakang kita, baik dari segi kesehatan maupun aspek yang lain. Pastikan bahwa kita berstatus aman ke luar negeri dan siapkan fisik dengan mengikuti medical check up.

5. Perkerjaan masih dalam networking negara kita. Carilah pekerjaan di negara yang berada dalam daftar networking Indonesia, misalnya saja Indonesia memang menjalin kerja sama bilateral dengan negara tersebut. Akan lebih bagus lagi apabila dengan negara tersebut, Indonesia memiliki kerja sama dalam pertukaran tenaga kerja.

6. Belajar bahasa yang berlaku di negara tujuan. Kita tidak perlu belajar hingga lancar sekali berbahasa negara tersebut. Setidaknya, kita bisa mengucapkan perintah-perintah dasar dan frase-frase yang akan membuat kita survive di negara tersebut.

7. Carilah lowongan kerja yang ditampilkan dalam website pencarian kerja, baik local maupun internasional. Beberapa lowongan kerja internasional ditampilkan dalam situs pencarian kerja terpercaya. Untuk itulah kita tidak boleh malas mencari. Beberapa situs yang terpercaya baik lokal maupun internasional contohnya adalah jobstreet, jobsDB, monster, atau bisa juga melalui situs kementrian luar negeri.

8. Pertimbangkan untuk bekerja di perusahaan lokal yang memiliki cabang di luar negeri. Beberapa perusahaan besar di Indonesia sudah berekspansi ke luar negeri. Beberapa contoh perusahaan tersebut misalnya Telkom, Bank Mandiri, BRI, Garuda dan sebagainya.

9. Pertajam dan perbaharui keterampilan yang kita miliki. Melamar kerja ke luar negeri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan melamar di tempat manapun. Hanya saja, memperbarui skill memang penting karena hal tersebut akan menjadi bahan pertimbangan pemberi kerja ketika merekrut kita. Jika kita belum tahu mau bekerja di negara mana dan belum memiliki keahlian, inilah saat yang tepat untuk kita melakukan riset.

Tags: , ,