Lakukan 13 Hal ini Jika Ingin Beruntung

Keberuntungan memang tidak direncanakan, tetapi kita bisa berencana untuk menjadi orang yang lebih beruntung dalam berbisnis. Berikut adalah 13 cara untuk meningkatkan keberuntungan kita, dikutip dari inc.com:

1. Lupakan hal-hal Supranatural

Jika sebuah peluang besar datang ketika kita sedang terpuruk, apakah itu sebuah keberuntungan? Atau karena impresi yang telah kita tinggalkan yang membawa kita pada keberuntungan tersebut? Kadang kita dengan mudah menyimpulkan bahwa hal tersebut adalah semata-mata keberuntungan baik, padahal jika kita mau memperhatikan lebih dalam dengan menganalis orang-orang yang kita anggap paling beruntung, ia pasti telah melakukan beberapa hal dalam daftar ini.

2. Berani mengambil inisiatif

Seandainya selama hidupmu kamu hanya diberi kesempatan untuk tahu sebuah pameo Yunani, maka Audentes fortuna iuuat bisa menjadi pilihan yang tepat. Pameo tersebut dalam bahasa Indonesia berkata “keberuntungan memihak mereka yang pemberani”. Atau jika kita menginginkan sebuah perumpamaan yang lebih modern, kita boleh menjiplak kalimat pemain hockey ternama Wayne Gretzky, You miss 100 percent of the shots you don’t take. Bagaimanapun cara Anda mengartikannya, yang jelas keberuntungan muncul ketika kita berani melangkah ke medan perang.

Baca juga: Yang Cantik dan Tampan Cenderung Lebih Sukses

3. Fokus pada beberapa hal saja

Jika Anda membaca tulisan ini, bisa jadi Anda termasuk orang yang aktif dan cukup ambisius. Anda mungkin adalah tipe orang yang mempunyai banyak gagasan hebat. Meskipun demikian, untuk menjadi orang yang beruntung, siasat yang perlu kita lakukan adalah berfokus pada beberapa bidang yang paling kita suka dan menjadi keahlian kamu. Fokus membuat kamu mengalokasikan aktivitasmu untuk hal-hal yang berpotensi mendatangkan kesuksesan dan keberuntungan.

4. Jadilah sedikit lebih ‘jago’

Kebijaksanaan seseorang tidak datang dalam waktu singkat, butuh perjalanan dan proses yang panjang untuk memilikinya. Beberapa orang kehilangan kesempatan besar dan hanya terkaget-kaget ketika orang lain mendapatkan kesempatan yang mereka pikir seharusnya bisa didapatkan. Untuk itulah, penting bagi kita untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan terus menerus belajar. Jika kita memiliki keahlian, kita akan siap sewaktu-waktu keberuntungan itu datang kepada kita.

5. Berkenalan dengan lebih banyak orang

Di antara kalian yang single mungkin pernah membuat target untuk mengencani setidaknya 100 wanita dalam satu tahun. Prinsip yang sama dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan keberuntungan kita. Bayangkan seandainya kita memiliki banyak koneksi baru setiap tahunnya, maka peluang untuk mendapatkan keberuntungan akan semakin terbuka lebar.

6. Bersilaturahmi

Bertemu orang baru memang penting, tetapi networking bukan hanya sebatas menambah orang dalam profil linkedin kita. Jauh lebih penting dari itu adalah kemampuan kita untuk mengelola hubungan pertemanan yang sudah terjalin. Kesempatan acap kali muncul dari pertemanan dan kepercayaan yang timbul karena pengalaman selama berteman. Jadi, selain menemukan teman-teman baru, kita juga perlu mempertahankan hubungan yang sudah ada sebelumnya.

7.  Membuat game failure (permainan kegagalan)

Apapun yang Anda lakukan, Anda mempunyai peluang untuk gagal. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi rasa takut terhadap kegagalan, sekaligus meningkatkan peluang untuk sukses? Triknya adalah dengan memberikan reward kecil ketika kita berhasil memenangkan failure game. Contohnya adalah seorang salesman, mereka bisa memberi reward untuk dirinya sendiri ketika telah menelpon sepuluh calon konsumen dan semuanya gagal, atau telah melakukan 10 kali penawaran dan gagal. Bahkan jika kita pernah merasakan sebuah kesuksesan besar, kita masih mungkin beberapa kali gagal setelah itu.

8.  Rencanakan kesuksesanmu

Pikirkan apa yang menjadi impian kamu setiap hari. Bayangkan apa yang akan terjadi jika kamu bisa meraih impian tersebut, setelah itu kembalilah berpikir tentang bagaimana cara menuju pada impian tersebut. Proses yang panjang kadang terlihat melelahkan, tetapi ketika mengingat hasilnya, kita akan lebih termotivasi.

9.  Merangkai cerita tentang diri kita

Sebuah cerita adalah media komunikasi yang cukup kuat. Berita bagusnya, kita bisa membuat cerita tentang hidup kita sendiri. Cara penceritaan yang dipakai akan berpengaruh terhadap hubungan kita dengan orang lain. Dan satu hal yang perlu kita ingat adalah setiap cerita memiliki struktur, tema dan karakter. Cerita tersebut harus dibangun dengan elemen-elemen yang membuat orang bersimpati dan menunjukkan bahwa kita adalah seorang pejuang tangguh.

10. Berbagi cerita

Kita tidak dapat memastikan kapan sebuah peluang besar akan datang kepada kita. Bercerita dengan orang mengenai kisah pribadi adalah sebuah keuntungan. Bisa saja orang yang kita ajak bercerita memiliki referensi peluang yang dapat kita ambil. Setiap orang menyukai cerita yang menarik atau inspiratif dan akan dengan senang hati  membantu pencerita untuk mewujudkannya.

11. Menulis hal-hal menarik dalam hidup kita

Tidak sedikit di antara kita yang kehilangan memori tentang hal-hal menarik yang pernah terjadi dalam hidup. Alasannya sangat klise, yakni kita enggan menuangkan moment-moment tersebut ke dalam bentuk tulisan. Bagaimanapun cara kita Anda menuangkannya, satu hal yang pasti adalah dengan menulis, kita berpeluang untuk me-record daftar kesuksesan yang pernah kita raih dan mendekatkan kita pada peluang.

12. Meniru sosok-sosok hebat

Jika Anda memiliki tokoh idola, tidak ada salahnya Anda belajar dari cara mereka menjalani hidupnya. Terutama jika mereka telah sukses. Dengan menirunya kita akan mendapatkan pandangan baru yang tidak pernah terpikir sebelumnya. Untuk itulah, mulai saat ini, carilah seorang mentor dan tiru tingkah lakunya dalam mengorganisir aktivitasnya.

13. Mendahulukan kepentingan orang lain

Ini adalah kunci keberuntungan nomer 13, dan bisa jadi yang paling penting dari semua poin yang ada dalam daftar. Poin ini mengajarkan bahwa good karma atau karma yang baik itu benar adanya. Alasannya, orang cenderung akan lebih senang membantu mereka yang pernah membantunya di masa-masa sebelumnya.

Baca juga: Melejitkan Performance Karyawan melalui Social Media

Tags: ,