Kurangi Penggunaan Smartphone Sekarang

Anda pengguna smartphone? Perlu Anda ketahui bahwa tujuan diciptakannya smartphone adalah untuk membuat seorang individu menjadi lebih produktif dalam bekerja. Aplikasi permainan seperti Candy Crush mungkin adalah salah satu guilty pleasure favorit Anda. Atau sekedar mengecek home Facebook Anda untuk melihat postingan rekan Anda dapat menghibur di antara himpitan tenggang waktu.

Sebagai business owner, smartphone dapat membantu Anda untuk terkoneksi dengan pekerjaan Anda di manapun dan kapan pun sehingga dapat mengurangi waktu produktif Anda untuk bekerja. Namun bagaimana jika Anda justru malah mengirim email penting beberapa saat sebelum Anda tidur?

Apakah kemudian smartphone membuat Anda menjadi lebih produktif? Mungkin Anda bisa mencari tahu alasannya dengan membaca hasil studi yang dilakukan oleh Michigan State University, seperti yang dikutip dari Inc.com berikut.

Baca juga: Kenali Narsisme dari Frekuensi Ngetwit

Mesin Pembuat Insomnia

Penelitian yang dipimpin oleh professor manajemen Russell Johnson ini melihat penggunaan smartphone pada kalangan upper-level managers dan mid-level professionals, seperti perawat dan akuntan. Mereka meminta partisipan untuk melaporkan penggunaan smartphone mereka pada malam hari kemudian partisipan diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai levels of alertness dan produktifitas mereka di keesokan harinya.

Hasilnya? Cukup mencengangkan. Menggunakan smartphone sebelum waktu Anda tidur dapat membuat Anda kurang tidur dan kurang energi pada keesokan harinya. Peneliti juga menemukan bahwa penggunaan smartphone dapat memberikan dampak buruk pada alertness seseorang dibanding saat menonton televisi ataupun menggunakan laptop. Mengapa hal ini dapat terjadi? Sepertinya penggunaan smartphone dapat menyebabkan dua macam gangguan yang mengganggu tidur, yakni dapat membuat otak untuk tetap bekerja dan menahan badan kita untuk rileks saat tidur.

Johnson berkomentar, “Smartphone didesain untuk mengganggu tidur karena benda tersebut mengganggu mental kita dari sore hingga malam, benda tersebut dapat membuat kita sulit terlepas dari apa yang kita kerjakan untuk dapat rileks dan tertidur.”

Alasan Lain Untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone

Secara ilmiah, menghabiskan waktu memainkan smartphone pada waktu yang seharusnya dipergunakan untuk tidur, dapat menyebabkan gangguan tidur. Maka dari itu, Johnson menyarankan kepada mereka yang bekerja menggunakan smartphone untuk berhenti mempergunakannya saat malam hari agar Anda tidak kurang tidur dan tidak kurang energi di keesokan harinya sehingga membuat Anda menjadi kurang produktif.

Baca juga: Perusahaan Sebaiknya Tidak Mengintip Facebook Pelamar Kerja

 

Tags: ,