Kurang Tidur Tingkatkan Produktivitas, Kok Bisa?

Berbagai studi terdahulu menemukan bahwa mengendarai kendaraan, mengkonsumsi makanan cepat saji dan belanja online adalah beberapa hal yang harus Anda hindari jika Anda mengalami sleep-deprived atau kurang tidur. Namun berdasarkan studi terbaru yang dilakukan Albion University ditemukan hal yang jauh lebih menarik.

Ada satu hal yang dapat dilakukan dengan lebih baik ketika merasa lelah, yakni menyelesaikan permasalahan yang sifatnya insightful atau membutuhkan solusi kreatif dalam menyelesaikannya.

Permasalahan yang biasa dihadapi oleh manusia biasanya terbagi menjadi dua, yakni analytical problems, seperti persoalan matematika yang biasanya memiliki satu jawaban benar, dan insight-based problems, permasalahan yang membutuhkan solusi kreatif untuk menyelesaikannya. Albion University kemudian melakukan studi terhadap dua permasalahan ini pada 500 orang mahasiswanya. Berdasarkan studi yang dilakukan ditemukan bahwa responden dapat menyelesaikan permasalahan yang sifatnya analitis lebih baik saat mereka sedang dalam kondisi yang terbaik. Sedangkan untuk permasalahan yang insightful justru malah diselesaikan lebih baik saat kondisi seseorang sedang tidak baik. Dalam arti lain sedang dalam kondisi lelah.

Baca juga: 34% Pekerja di Inggris Tidur saat meeting

Menurut Mareike Wieth, PhD, selaku pemimpin studi, ketika Anda lelah maka hormon alertness Anda pun akan rendah, sehingga Anda akan mencari cara yang lebih sederhana untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dalam arti lain Anda akan berpikir lebih kreatif dalam menyelesaikan permasalahan saat Anda sedang lelah. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa otak akan lebih bekerja ketika Anda lelah, sehingga menurunnya fokus seseorang akan dapat meningkatkan kreativitasnya.

Ketika Anda merasa lelah maka Anda akan terpikirkan hal-hal yang biasanya tidak akan terpikirkan saat kondisi Anda sedang tidak lelah. Anda bisa mempergunakan hal ini sebagai keuntungan bagi Anda. Saat Anda merasa lelah dan mulai melamun namun mendapatkan ide cemerlang, maka hal tersebut dapat membuat Anda awas kembali dan siap merealisasikan ide cemerlang Anda. Jadi lain kali, jika Anda mengantuk dan boss Anda menegur Anda, Anda bisa mengatakan bahwa terkadang beberapa hal bisa diselesaikan saat sedang mengantuk.

Baca juga: Sudahkah Anda Tidur Siang? Tidur siang tingkatkan fungsi otak

Tags: ,