Kesulitan Meniti Karir, 7 Orang ini Akan Membantu

Jenjang karir adalah sesuatu yang cukup rumit untuk dilalui. Secara umum, jenjang karir yang ideal menurut anggapan orang adalah memasuki dunia kerja sebagai entry level, kemudian mengalami peningkatan posisi/jabatan seiring berjalannya waktu dan terakhir pensiun setelah cukup puas mencapai tangga puncak karir. Namun, tidak semua dari kita dapat menapaki karir dengan semulus itu. Dan bisa jadi, hal itu malah lebih baik. Anda akan memulai lagi dari nol, kemudian berpindah dari satu industri ke industri lain, dan akhirnya memulai perusahaan kita sendiri.

Mengubah dan mengembangkan karir memang sesuatu yang menarik tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Mengembangkan keterampilan baru, mengeksplorasi pilihan-pilihan baru, dan mencari alternatif baru bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan seorang diri, dan bahkan membuat keputusan terakhir adalah sesuatu yang sangat sulit. Untungnya masih ada orang-orang di sekeliling kita yang dapat membantu kita mengatasi kesulitan-kesulitan saat menapaki karir tersebut. Dilansir dari inc.com, berikut adalah 7 orang yang dapat mendukung karir kita:

1. Mentor

Mentor menjadi sosok yang ideal dalam karir seseorang karena mereka membawa sesuatu yang berharga untuk kita, yakni pengalaman. Dalam banyak kasus, mentor Anda adalah orang yang sebelumnya pernah berada di posisi Anda. Dengan begitu mereka tahu kegalauan seperti apa yang Anda alami dan kesulitan apa yang Anda hadapi. Kepada mereka, kita dapat bertanya mengenai langkah apa yang seharusnya kita ambil karena sebelumnya, ia pun pernah mengambil keputusan dan mengetahui akibat dari keputusannya. Pengalaman yang mereka miliki, dapat kita ambil sebagai pelajaran sehingga secara tidak langsung, kita telah mendapatkan nasihat yang sangat berharga dengan cara cuma-cuma.

Baca juga: Tipe Kepribadian terkait erat dengan karir Anda

2. Alumni

Grup alumni dari universitas Anda adalah sebuah sumber yang tak ternilai harganya untuk kemajuan karir Anda. Alumni biasanya berasal dari background industry yang bermacam-macam dan jenis bidang usaha yang beragam. Hal tersebut mempermudah Anda untuk melihat gambaran tentang prospek dan peluang kerja di berbagai bidang yang mungkin Anda masuki dalam merintis karir. Dengan terus menjalin hubungan dengan alumni dan juga membaca newsfeed update dari grup alumni, kesempatan untuk mendapatkan peluang karir menjadi lebih lebar.

3. Kenalan (Networker)

Tentunya kita sering mendengar istilah networking session pada seminar-seminar atau diskusi tentang isu tertentu. Dari acara semacam itulah kita mendapat kenalan baru yang mungkin berpotensi memberi kita peluang kerja. Bahkan, dengan berkembangnya teknologi internet, kini mulai bermunculan group-group networking yang fokus pada satu bidang dan kita dapat bergabung dengan grup tersebut secara gratis. Dengan tergabung dengan grup-grup networking, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai industri yang anda inginkan, pendekatan yang bisa dilakukan untuk masuk ke industri dan belajar dari pengalaman anggota grup lainnya.

4. Komunitas

Di setiap daerah apalagi kota besar dengan demografi penduduk yang teredukasi, komunitas bukan lagi menjadi sesuatu yang sulit ditemui. Komunitas tersebut bisa beragam, dari mulai organisasi profit maupun non-profit. Ikuti komunitas-komunitas yang bergerak di bidang industri yang Anda suka. Jangan takut untuk keluar dari zona nyaman dan jangan malu untuk menunjukkan ketertarikan Anda di bidang yang didalami komunitas tersebut. Biasanya, sebuah komunitas dibentuk untuk membantu orang yang memang memang ingin belajar. Bergaullah dengan anggota lainnya dan ikuti dinamisme komunitas dengan ikut aktif dalam berbagai kegiatannya.

5. Sukarelawan

Mengikuti kegiatan bakti sosial selalu menjadi cara yang tepat untuk bertemu dengan orang baru dan sebagian dari mereka, adalah orang yang sangat berharga dalam karir Anda. Mungkin saja mereka akan menawari Anda jika ada lowongan di perusahaannya atau melihat Anda sebagai orang yang berpotensi untuk diajak membangun usaha bersama. Karena dalam kegiatan tersebut Anda akan bekerja di luar aktivitas kerja professional, maka itu menjadi saat yang tepat untuk mengetahui tipe bisnis seperti apa yang tepat Anda geluti. Keuntungan lain dari kegiatan sukarelawan ini adalah Anda dapat belajar dari pengalaman orang lain juga.

6. Teman

Jangan pernah mengabaikan kekuatan dan pengaruh seorang teman dalam kehidupan karir Anda. Jika Anda memiliki teman-teman yang sepaham dalam hal dunia profesional, akan lebih mudah bagi Anda untuk berbagi ilmu dan pandangan untuk saling membantu mengembangkan karir masing-masing. Jika Anda memiliki teman-teman yang bekerja di berbagai industri dengan level yang berbeda-beda, Anda akan mendapatkan perspektif baru yang dapat membantu Anda merenungkan dan menganalisis karir dan passion apa yang benar-benar Anda inginkan. Sebenarnya, apapun jenis karir teman, Anda masih tetap dapat mengandalkan mereka untuk memberikan nasihat tentang masa depan Anda.

7. Keluarga

Keluarga adalah pihak yang tak terpisahkan dalam kemajuan karir Anda. Orang tua atau saudara kandung bisa saja menghubungkan Anda dengan orang-orang yang berada di dalam industri yang Anda inginkan. Mereka juga dapat mengarahkan Anda ke destinasi karir yang tepat. Jika Anda sudah memiliki pasangan, pasangan juga dapat membantu Anda pada saat Anda dihadapkan pada keputusan yang sulit. Dan yang pasti, keluarga akan selalu ada untuk Anda di masa-masa sulit untuk selalu memberikan dukungan baik moral maupun material.

Baca juga: Tidak Hanya Wanita, Pria pun Menghadapi Dilema Karir vs Keluarga

Tags: ,